• Kamis, 7 Juli 2022

Ini Alasan Mengapa Kutub Selatan Lebih Dingin Dibandingkan Kutub Utara

- Senin, 7 Februari 2022 | 12:20 WIB
Ilustrasi es di kutub  (pixabay.com)
Ilustrasi es di kutub (pixabay.com)

ngaderes.com – Kutub selatan (antartika) dan Kutub Utara adalah dua tempat terdingin di bumi. Daerah kutub dikenal dengan bentangan es yang luas dan berkilauan, satwa liar yang beradaptasi secara unik, dan puncak yang tertutup salju, jadi mungkin mengejutkan bahwa Antartika lebih dingin daripada Kutub Utara. Faktanya, Antartika jauh lebih dingin daripada Kutub Utara, dan ada beberapa alasan menguatkan lainnya.

Seperti dilansir dari auroraexpeditions.com.au meskipun sama-sama berada di kutub bumi, ternyata kutub selatan (antartika) jauh lebih dingin ketimbang kutub utara. Kenapa bisa begitu?

Alasan utama mengapa Antartika lebih dingin daripada Kutub Utara adalah karena Antartika adalah daratan yang dikelilingi oleh lautan. Sedangkan Kutub Utara adalah lautan yang dikelilingi oleh daratan.

Antartika juga memiliki ketinggian rata-rata yang jauh lebih tinggi daripada Kutub Utara, dan Lapisan Es Antartika lebih besar dan lebih tebal daripada es di Kutub Utara.

Untuk memahami mengapa Antartika jauh lebih dingin daripada Kutub Utara, mari kita mulai

Berapa suhu terdingin di Antartika dan Kutub Utara?

Suhu terdingin yang pernah tercatat di Bumi di Antartika adalah pada -93,3°C (135,9°F). Para ilmuwan mencatat suhu yang sangat dingin ini di Lapisan Es Antartika Timur pada tahun 2013, setelah menganalisis data satelit selama 32 tahun.

Suhu terdingin di Kutub Utara adalah 23,7°C (42,6°F) lebih hangat dari rekor Antartika. Pada tahun 2020, para ilmuwan mengkonfirmasi suhu terdingin di Kutub Utara adalah di Greenland pada bulan Desember 1991, ketika merkuri turun menjadi sangat dingin -69,6°C (-93,3°F).

Berapa suhu rata-rata musim dingin di kutub utara dan selatan?

Halaman:

Editor: Dita Fitri Alverina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X