• Kamis, 7 Juli 2022

Ini 7 Jenis Kandungan Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Menurut Zaidul Akbar

- Kamis, 27 Januari 2022 | 19:08 WIB
 dr. Zaidul Akbar (Tangkapan layar youtube/dr. Zaidul Akbar Official)
dr. Zaidul Akbar (Tangkapan layar youtube/dr. Zaidul Akbar Official)

ngaderes.com
- Zaidul Akbar seorang dokter, pendakwah Islam, konsultan, praktisi pengobatan sunah Indonesia, sekaligus penggagas dari Jurus Sehat Rasulullah SAW berbagi ilmu tentang makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. 
 
Menurut Zaidul Akbar, setidaknya ada satu jenis makanan di bawah ini yang dikonsumsi setiap hari.
 
Apa saja jenis makanannya? Berikut penuturan Zaidul Akbar.
 
Madu
 
Seperti yang kita ketahui, madu memberi banyak manfaat bagi tubih kita. Misalnya meningkatkan imunitas tubuh, mengurangi berat badan, meredakan batuk dan sakit tenggorokan, serta berbagai manfaat lainnya.
 
Menurut Zaidul Akbar, madu yang baik yakni madu yang jelas asal usulnya. Sebelum membeli madu sebaiknya mengetahui asal-usul madu tersebut, siapa yang mengambilnya lalu bagaimana kandungan madu tersebut. 
 
Kurma
 
Makanan yang ramai dikonsumsi saat Ramadhan ini banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
 
Zaidul Akbar menyarankan kurma untuk di konsusi setiap hari karena kurma mampu mencukupi kebutuhan gizi, melancarkan sistem pencernaan, menstabilkan gula darah, hingga meningkatkan kesuburan. 
 
Rimpang
 
Rimpang atau rizoma merupakan tumbuhan yang batangnya ada di dalam tanah. Beberapa contoh rimpang yang populer dikonsumsi antara lain jahe, lengkuas, kencur, kunyit dan temulawak. 
 
 
Selanjutnya, Zaidul Akbar memberi saran kepada para pemuda khususnya untuk menjadi  pemuda pemudi rimpang. Dengan banyak mengkonsumsi rimpang, akan terbentuk generasi muda yang lebih sehat dan kuat. 
 
 
Rempah-Rempah
 
Rempah-rempah merupakan bagian tumbuhan yang digunakan dalam jumlah kecil sebagai pengawet atau perisai dalam masakan karena memiliki aroma atau rasa kuat. Contohnya, kayu manis, cengkeh, pala, ketumbar, kapulaga.
 
Rempah berfungsi memberikan perlindungan bagi tubuh terhadap beragam penyakit, mulai dari pilek, radikal bebas hingga penyakit jantung.
 
 
Makanan yang Mengandung Probiotik 
 
Probiotik adalah bakteri yang sangat bermanfaat untuk sistem pencernaan. Bakteri ini bisa kita temukan dalam makanan, minuman dan suplemen, seperti tempe, yogurt, acar  dan kimchi.  
 
Namun, masyarakat Indonesia perlu berhati-hati. Makanan yang menandung probiotik tidak boleh diolah dengan digoreng karena akan mengurangi kandungan probiotik. 
 
“Setau saya, probiotik itu tidak tahan dengan panas. Jika melewati proses penggorengan maka kemungkinan kandungan probiotiknya akan berkurang bahkan tidak ada,” ungkap Zaidul Akbar.
 
 
Lebih lanjut, Zaidul Akbar menyarankan mencoba tempe yang tidak menggunakan kedelai sebagai bahan bakunya.
 
“Sebetulnya, tempe tidak hanya bisa dibuat dari fermentasi kedelai. Tempe juga bisa dibuat dari biji rambutan, salak, anggur, semangka bahkan durian,” jelas Zaidul.
 
Selain itu, menurut Zaidul Akbar, kimchi merupakan jenis makanan paling sehat yang diakui dunia. Karena tidak hanya mengandung bakteri baik, kimchi juga menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, meningkatkan sistem imun, bahkan menurutkan berat badan.
 
Makanan yang Mengandung Prebiotik
 
Prebiotik merupakan makanan yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia. 
 
Prebiotik ini biasa terkandung di makanan yang kaya akan serat, seperti kacang-kacangan (almond, kenari, oats) , pisang, semangka, bengkuang, apel, rumput laut juga bawang (bawang merah, bawang putih dan daun bawang).
 
Makanan Dengan Kandungan Asam Amino
 
Asam amino bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung, menjaga keseimbangan hormon dan enzim, meningkatkan massa otot dan daya ingat, serta mencegah kerontokan rambut. 
 
Makanan yang mengandung asam amino antara lain telur, ikan, kacang-kacangan, jamur, daging dan air kelapa. 
 
Dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat di atas, Zaidul Akbar berharap generasi muda akan lebih sehat dan membentuk peradaban yang kuat.
 
 
Editor karya tulis: Hildatun Najah

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X