• Kamis, 7 Juli 2022

Readeology, Ajak Tingkatkan Literasi Mayarakat Indonesia

- Minggu, 23 Januari 2022 | 22:07 WIB
Redeology Dilaksanakan di Ruang Terbuka (Readeology, Siloka)
Redeology Dilaksanakan di Ruang Terbuka (Readeology, Siloka)



ngaderes.com - Semenjak pandemi, ruang – ruang diskusi begeser ke digital. Ini juga yang dilakukan oleh Readeology. Readeolgy adalah forum literasi masyarakat.

Readelogy berisi kegiatan diskusi yang mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang sedang menjadi perbincangan.

Di dalamnya kegiatan literasi berlangsung, merujuk pada satu paket keterampilan seseorang baik dalam membaca, menulis, berbicara maupun memecahkan masalah. 

Lewat Readeology ini, Ketua Siloka Publishing Riska Rose mengajak orang -orang untuk gemar membaca. Riska ingin berkontribusi dalam menumbuhkan kembali minat baca di masyarakat.

Ini sejalan dengan keprihatinan Riska terhadap rendahnya literasi di Indonesia

Baca Juga: Indonesia 8 Terbawah Tingkat Literasi, Ini Urgensi Membaca Menurut Islam

“Kita perlu dan penting untuk membaca dalam makna luas. Membaca buku, lingkungan atau peristiwa sekitar,” begitu ucap Riska Rose ketua dari Siloka Publishing yang menjadi penyelenggara kegiatan Readology ini.

Literasi Kegiatan Readeology (Dokumentasi Readeology, Siloka)

Selain mengangkat topik mengenai isu yang sedang tren, Readeology seringkali membahas buku yang akan diterbitkan seorang penulis. Setelah menghadirkan narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. 

"Di sesi sebelumnya, kami juga membahas topik layangan putus. Juga beberapa penulis baik penulis senior maupun penulis yang namanya baru dikenal, sudah hadir menjadi narasumber di kegiatan Readeology ini," ujar Riska kepada jurnalis ngaderes.com

Literasi di Readology (Dokumentasi Readology,Siloka)


Kegiatan ini sudah berjalan rutin dari tahun 2021dan terbuka untuk umum. Namun Readeology lebih menarik animo anak muda. Lebih lanjut, Riska mengatakan informasi kegiatan Readeology ini bisa didapatkan dari akun intagram @readeology. 

Biasanya Readeology dilaksanakan secara offline, namun dikarenakan pandemi saat ini kegiatan dilaksanakan secara online dua kali dalam satu bulan. 

Baca Juga: Mimesis dalam Literasi

"Saya berharap Readeology ini menjadi wadah yang bisa membuat masyarakat kembali gemar membaca, dan nantinya melahirkan calon-calon penulis di masa depan," pungkas Riska.

 

Editor: Annisa Sasa

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X