• Kamis, 7 Juli 2022

Bolehkah Melakukan Egg Freezing Menurut Islam?

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 16:39 WIB
Sumber foto: freepik.com
Sumber foto: freepik.com

Edukasi - Kemajuan ilmu kedokteran banyak memberi kemudahan bagi manusia dalam bidang kesehatan, salah satunya teknologi pembekuan sel telur atau Egg Freezing. Metode ini dipilih sebagai alternatif wanita yang ingin menunda kehamilan di usia muda.

Proses tersebut sebenarnya sudah lama ditemukan dan telah berhasil dilakukan pada tahun 1986. Namun akhir-akhir ini istilah Egg Freezing, yang dilakukan oleh artis Luna Maya menjadi perbincangan publik. Lalu apa itu Egg Freezing? Bagaimana hukumnya dalam Islam?

Apa itu Egg Freezing?

Egg Freezing merupakan metode pembekuan sel telur wanita yang diambil dari ovarium untuk disimpan dalam waktu lama. Egg Freezing ini dilakukan untuk menjaga kualitas sel telur yang akan dibuahi di usia manopose (sekitar 40 sampai 50-an). Karena pada usia tersebut, kualitas sel telur yang dihasilkan wanita cenderung menurun dan peluang untuk hamil pun berkurang. Sehingga lewat metode ini ketika wanita tersebut sudah siap memiliki anak, maka sel telur akan dibuahi dan ditanam dalam rahim dengan cara bayi tabung.

Egg Freezing dalam Islam

Sebenarnya permasalahan hukum melakukan Egg Freezing atau pembekuan sel telur ini telah dibahas oleh lembaga fatwa Mesir, Dar Al-Ifta. Hal ini dibolehkan oleh para ulama dengan beberapa syarat. Pertama, sel telur hanya akan dibuahi oleh suami sah. Namun selama pembuahan ini keduanya masih dalam kondisi masih hidup dan sah sebagai pasangan suami istri.

Kedua, sel telur harus disimpan secara aman dan diawasi, karena dikhawatirkan terjadi pencampuran baik disengaja atau tidak disengaja.

Ketiga, sel telur yang sudah dibuahi tidak boleh ditanam dalam rahim orang lain, dan tidak boleh disumbangkan. Terakhir, selama proses pembekuan tersebut sel telur tidak boleh menghasilkan efek samping negatif yang bisa berakibat buruk terhadap janin. Maka dari itu proses pembuahan harus dilakukan secara aman dan hati-hati menimbang keselamatan ibu dan janin.

Di samping itu, terdapat pendapat lainnya yang menolak dan melarang Egg Freezing. Dilansir dari Muslim.or.id, ada beberapa pertimbangan yang membuat beberapa ulama secara mutlak tidak membolehkan metode ini. Pertama, melalui metode ini dikhawatirkan terganggunya nasab akibat kesalahan tercampurnya sel telur baik itu secara sengaja atau tidak disengaja.

Halaman:

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X