• Kamis, 7 Juli 2022

3 Cara Menurunkan Kolesterol dengan Mudah dan Murah

- Minggu, 16 Januari 2022 | 14:22 WIB
pexels-ella-olsson-1458694
pexels-ella-olsson-1458694

Edukasi -- Kolesterol adalah zat seperti lilin, seperti lemak yang diproduksi hati. Ia juga bisa hadir dalam makanan dari hewani. Sebenarnya, kolesterol mendukung banyak fungsi tubuh yang penting, tetapi kadar yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan. Lalu bagaimana cara menurunkan kolesterol? Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) dilansir dari medicalnewstoday.com, pilihan gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebab utama kolesterol tinggi. Namun, genetika, kondisi medis tertentu, dan obat-obatan juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Memiliki kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dokter dapat meresepkan statin untuk membantu menurunkan kadar kolesterol seseorang, tetapi obat ini dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit kepala, kram otot, dan mual. Namun, dibanding pengobatan secara medis, ada 3 cara alami menurunkan kadar kolesterol dengan mudah dan murah. Berikut kami ambil tips dari dr.Zaidul Akbar. Menurut dr.Zaidul Akbar, adalah salah jika ada seseorang yang bertanya tentang ‘Dokter, apa sih obat untuk kolesterol?’ Kok bisa salah? Itu karena tubuh kita ini tidak bisa dikotak-kotakan. “Tubuh kita tuh diciptakan, dibikin sama Allah satu bagian yang saling berhubungan satu sama lain. Kalau misalnya ada orang yang tanya, apa obat kolesterol? Saya bakal kasih yang tahu yang banyak manfaatnya langsung. Yaitu dengan rumus 8+3+B,” ungkap dr.Zaidul Akbar seperti dikutip dari Youtube Channel Bamol Tv.

Rumus 8+3+B

Jadi apa itu rumus 8+3+B? Yuk kita simak!
  1. 8 artinya puasa Senin-Kamis (2x4=8)
  2. Puasa Ayyamul Bidh atau puasa 3 hari di pertengahan bulan hijriah
  3. B-nya itu adalah berbekam.
Tapi Ia mengatakan saat ini susahnya orang menahan lapar meski hanya sebentar. “Susahnya orang, lapar sebentar aja sudah ngomelnya minta ampun. Kapan mau sehatnya kita? Apalagi banyak orang lebih memuaskan rasa daripada gizi makanan. Inilah masalah sebenarnya, kalau kita mengikuti rumus tadi, insyaAllah kadar kolesterol pada tubuh kita turun,” ungkapnya. dr.Zaidul Akbar juga menjelaskan bahwa dalam sayuran dan buah-buahan mengandung energi matahari dan nutrisi tanah yang didapatkan dari proses alam fotosintesis. Dan itu penting bagi tubuh manusia. “Kita dulu ingat ada satu proses, proses alam, namanya proses fotosintesis, di mana itu akan menghasilkan oksigen, menghasilkan energi. Yang dapat energinya siapa? Ini sayuran dan buah-buahan. Di dalam mereka ini ada energinya matahari, ada nutrisinya tanah. Dan manusia diciptakan Allah dari apa? Dari tanah, maka kembalikan unsurnya pada tanah,” terangnya. Ia juga membahasakan bahwa sains itu hanya menjelaskan, apa-apa yang Allah sampaikan pada Alquran dan hadits Di mana Alquran dan hadits itu pasti benar. Sains hanya menjelaskan, bukan membuktikan. “Sebab kalau kita bahasanya membuktikan, nanti kalau tidak sesuai Alquran dan hadits siapa yang mau dipercaya? Misalkan, kesembuhan itu ada pada madu, maka dalam madu ada kesembuhan yang Allah dan Rasul janjikan. Mau dibilang ada sains atau tidak ada sains, kami sudah percaya bahwa madu itu ada kesembuhan,” lanjut dr.Zaidul. Dari ratusan tahun lalu, bapak,ibu,nenek moyang kita makan kunyit, temulawak, sehat-sehat saja mereka.
-
Foto: pexels.com/ ella-olsson  

Bawang putih bisa menurunkan kolesterol

Dan salah satu bahan sayuran yang bisa menurunkan kolesterol adalah bawang putih. Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine membuktikan bahwa makan 10 gram bawang putih mentah atau sekitar 1-2 siung kecil bawang putih setiap hari dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh dengan baik dalam dua bulan. Penelitian tersebut diperkuat dengan adanya pengujian yang lebih terkini yang dimuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health pada tahun 2016 yang menyatakan bahwa partisipan yang memakan 3 gram bawang putih secara rutin selama 90 hari mengalami penurunan kolesterol sekitar 10-13 persen. Penulis: Dita F. Alverina Editor: Redaksi

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X