• Kamis, 7 Juli 2022

Tahun Baru 2022? Yuk Intip Apa Saja Resolusi yang Dapat Kamu Lakukan Pada Tahun Ini

- Jumat, 14 Januari 2022 | 06:00 WIB
Webp.net-resizeimage (2)
Webp.net-resizeimage (2)

Edukasi - Tahun 2021 sudah berakhir. Seperti biasaya, pergantian tahun dijadikan sebagai saat pembaruan-pembaruan dalam diri seseorang. Kebanyakan orang akan membuat resolusi sebagai rencana memulai awal baru agar dapat menjadi lebih baik lagi. Memang di setiap tahap kehidupan ada tantangan yang harus dihadapi. Namun, pengalaman inilah yang akan menempa hidup  dan membuat manusia bekembang. Meski sudah terbiasa mendengar istilah resolusi di tahun baru, sering kali kita kesulitan dalam menentukan  resolusi apa yang cocok untuk kita, misalnya hal-hal apa saja yang harus diubah dalam diri kita. Berikut adalah inspirasi resolusi yang dapat kamu lakukan.
-
sumber : britishcouncil.com

1. Menghilangkan Kebiasaan Menunda

Menunda suatu pekerjaan menjadi salah satu kebiasaan yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Biasanya seseorang menunda pekerjaan untuk melakukan hal lain yang dianggap lebih penting atau bahkan hanya untuk sekedar bermalasan. Hingga akhirnya pekerjaan-pekerjaan yang ditunda itu  menumpuk dengan deadline tugas-tugas yang semakin dekat. Pada awalnya menunda pekerjaan memanglah menyenangkan, tetapi kebiasaan ini akan merepotkan kita di kemudian hari. Karena bagaimanapun kita harus tetap melakukan ataupun menyelesaikan pekerjaan itu, dengan tenggat waktu yang lebih sedikit. Ubahlah kebiasaan menunda dan jadilah pribadi yang lebih terstruktur. Kerjakanlah apa tugas atau pekerjaan yang diberikan dengan segera agar tugas yang ada tidak menumpuk dan dikejar deadline.

2. Tidur dan Bangun Terjadwal

Bangun dan tidur yang terjadwal  akan membuat  kita lebih sehat. Tubuh kita akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup sebelum kembali beraktivitas esok hari. Misalnya kita tidur pukul 22.00 dan bangun pada pukul 04.00. Jika setiap hari kita mampu mengikuti jadwal ini, tidak hanya sehat kita juga akan mendapatkan manfaat lain. Manfaat itu dapat berupa waktu tambahan untuk memulai aktivitas. Kamu bisa memanfaatkan waktu pukul 04.00 untuk belajar, membaca atau berolahraga. Waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk fokus dan meningkatkan produktivitas. Terlebih pukul 04.00 masuk dalam waktu sepertiga malam, waktu mustajab untuk berdoa. Jika kamu berdoa pada waktu mustajab, doamu akan terkabul. Tidur dan bangun yang terjadwal mungkin terdengar sederhana, tetapi perubahan kecil inilah yang merupakan awal dari kesuksesan besar dalam melakukan resolusi.

3. Resolusi Untuk Mulai Hidup Sehat

Pekerjaan dan tugas-tugas yang menumpuk sering kali membuat kita kelelahan dan lupa menerapkan pola hidup sehat. Coba perhatikan bagaimana gaya hidup kita saat ini dan beberapa tahun terakhir, apakah kita sudah menerapkan pola hidup yang sehat? Jika belum, maka salah satu resolusi pada tahun 2022 adalah menjadikan hidup lebih sehat. Hal ini bisa dimulai dengan dengan memerhatikan sesuatu apa makan. Misalnya mengurangi makanan yang berminyak seperti gorengan. Selain itu, kita juga bisa menambah olahraga sebagai kegiatan rutin 3-4 kali seminggu untuk tubuh yang lebih kuat. Dengan menjalani pola hidup yang sehat, maka tubuh akan menjadi kuat dan lebih produktif.

4. Mempelajari Hal Baru

Perubahan zaman menuntut seseorang untuk memiliki berbagai macam keahlian. Tidak hanya pekerjaan, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu selain mempertahankan kemampuan, penting bagi kita mempelajari keahlian baru yang dapat memudahkan kita dalam hidup. Menambah keahlian wajib menjadi salah satu resolusi yang kamu tulis dalam catatan.

5. Berhemat Sebagai Resolusi Untuk Masa Depan

Di era digital seperti sekarang, kita mendapat kemudahan untuk melihat dunia yang lebih luas. Dengan penglihatan yang lebih ini, kita juga menjadi lebih mudah tertarik ketika melihat suatu barang atau makanan-makanan yang ada di dalam sosial media. Setelah melihat iklan-iklan yang melintas, muncul jiwa konsumen yang ada di dalam diri. Rasa penasaran dan ingin membeli membara di hati.Dan pada akhirnya membuat pengeluaran membengkak. Secara tidak sadar kita sudah menjadi seseorang yang konsumtif, dengan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak  kita butuhkan. Cobalah untuk membeli sesuatu yang benar-benar dibutuhkan. Karena dengan cara itulah kamu dapat mengalihkan dana yang ditabung untuk kebutuhan lainnya.   Penulis: M.Rizki Alfaridzi/Internship Editor: Hildatun Najah

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X