• Kamis, 7 Juli 2022

5 Penyebab Resolusi Gagal Tercapai

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 02:13 WIB
New year resolutions concept with white desk
New year resolutions concept with white desk

Edukasi - Membuat target yang harus dicapai sebagai resolusi sering dilakukan oleh orang banyak orang, terlebih pada awal dan akhir tahun. Resolusi ini tentunya punya banyak manfaat, salah satunya agar punya tujuan hidup yang jelas sehingga hidup kita bisa lebih terarah dan terkontrol. Psikolog Tara De Thouras, dalam tulisannya di web HiBunda menjelaskan bahwa resolusi merupakan salah satu dari sifat naluriah manusia untuk merealisasikan keinginannya. Namun, tak jarang juga resolusi yang pernah kita buat ini berakhir dengan kegagalan. Ada banyak faktor penyebab target tersebut kandas, baik dari diri sendiri maupun lingkungan. Beberapa alasan kegagalan berikut bisa kamu pertimbangkan dan jadikan pelajaran agar resolusi tahun ini bisa tercapai :

1. Target tidak realistis

Hal penting yang perlu kamu perhatikan saat membuatnya adalah apakah target tersebut bisa tercapai dan masuk akal? Karena pada dasarnya, niat dan usaha yang dilakukan untuk mencapai target juga harus dibarengi dengan tujuan yang realistis. Selain itu, langkah awal mewujudkan resolusi ini tentunya harus dibuat dengan jelas dan spesifik. Rincian detail ini misalnya berapa nilai yang harus dicapai, berapa banyak berat badan yang harus diturunkan. Sehingga kalimat tersebut tak hanya menjadi wacana, namun sebuah misi jelas yang harus dicapai.

2. Lingkungan kurang mendukung

Dukungan dari teman dan keluarga ini bisa untuk tujuan mewujudkan resolusimu. Karena hal ini bisa membuat kamu lebih semangat dan fokus dalam mewujudkan resolusimu. Selain itu mengurangi dampak kegagalan akibat faktor lingkungan. Oleh karena itu, hindari lingkungan yang kurang mendukung tujuan targetmu. Sebaiknya cari lingkungan yang bisa mendorong kamu untuk lebih fokus dan bersemangat dalam bekerja.

3. Tidak ada peningkatan usaha

Mulai aja dulu. Agaknya slogan salah satu E-commerce asal Indonesia, Tokopedia, bisa diterapkan untuk mewujudkan resolusi kamu. Langkah kecil ini tentunya membuat kamu fokus kepada tujuan yang ditargetkan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa meminimalisir kesalahan serupa yang membuat resolusimu gagal. Oleh karena itu sebaiknya target-target dibuat lebih logis agar peluang sukses lebih besar. Namun langkah awal ini harus diiringi dengan peningkatan usaha, sebab tak ada instan untuk mendapatkan sesuatu. Proses yang dilalui ini tentunya perlu kamu jalani dengan sabar. Karena rintangan dan kemudahan pasti ada dan hal tersebut sudah wajar terjadi. Yang harus kita lakukan adalah terus berusaha dibarengi dengan evaluasi dengan baik.

4. Rancangan resolusi belum jelas

Target yang akan dicapai tentu harus dirancang dengan baik dan diimplementasikan lewat aksi langsung. Tanpa rancangan ia bisa berjalan tanpa arah, sehingga bisa berakhir dengan kegagalan. Melalui perencanaan yang jelas, kita akan tahu sejauh apa usaha yang kita perlukan dan hal-hal apa yang berguna dalam mewujudkannya. Perencanaan juga berguna untuk mengukur sekaligus memastikan target sudah tercapai atau belum. Selain itu, perencanaan yang spesifik bisa meningkatkan peluang resolusi tercapai dengan sukses.

5. Tidak percaya diri dalam mengejar resolusi

Hal yang perlu kamu yakini bahwa segala sesuatu bisa terjadi melalui usaha dan keyakinan yang kuat. Pola pikir juga berpengaruh terhadap kondisi mental untuk mewujudkan keinginan-keinginanmu. Oleh karena itu, kamu harus yakin bahwa kamu bisa menaklukkan target dengan baik. Hingga pada akhirnya, segala target yang kamu tulis bisa terwujud.   Sumber tulisan : https://www.google.com/amp/s/www.haibunda.com/haibunda-squad/20211228205643-203-263068/5-tips-mewujudkan-resolusi-tahun-baru-2022-yuk-lebih-realistis-atur-rencana/amp https://www.ruangguru.com/blog/tips-resolusi-tahun-baru?hs_amp=true https://m.bola.com/ragam/read/4843886/4-cara-mewujudkan-resolusi-tahun-baru https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211229063929-284-739868/5-penyebab-resolusi-tahun-baru-sering-gagal/amp   Penulis : Gina Nurulfadillah/Internship Editor: Hildatun Najah

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X