• Kamis, 7 Juli 2022

Sepeninggal Vanessa Angel dan Bibi, Masih Enggan Pakai Sabuk Pengaman?

- Senin, 10 Januari 2022 | 07:49 WIB
chris-martin-68SiDyLFEy4-unsplash (1)
chris-martin-68SiDyLFEy4-unsplash (1)

Edukasi - Sekitar tiga bulan lalu, dunia entertainment Indonesia dikejutkan oleh kecelakaan mobil yang menimpa artis Vanessa Angel dan suami, Bibi Ardiansyah. Mereka berpulang tak lama setelah mengalami kecelakaan dalam perjalanan ke Surabaya. Kepergian dua artis bertalenta tersebut meninggalkan duka mendalam bagi sanak keluarga dan juga teman. Dalam kecelakaan tersebut pasangan ini meninggalkan satu anak yang juga selamat dalam kecelakaan bersama pengasuhnya. Usut punya usut, kedua mendiang tidak menggunakan sabuk pengaman dalam perjalanan menggunaan kendaraan bermobil tersebut. Hal ini sangat disayangkan mengingat bahwa penggunaan sabuk pengaman dalam melakukan perjalanan menggunakan mobil bak api dengan asapnya yang tidak bisa dipisahkan.

Mengapa Harus Pakai Sabuk Pengaman?

Alasannya terdengar sangat simpel namun krusial, yaitu untuk menjaga keselamatan penumpang itu sendiri. Baik yang menyetir maupun yang hanya duduk sebagai penumpang. Pada dasarnya semua yang ada di dalam mobil wajib menggunakan sabuk pengaman, walaupun terkesan tidak nyaman. Penggunaan sabuk pengaman akan membuat siapapun yang mengenakannya terhindar dari benturan berbahaya. Bagi penumpang di kursi tengah dan belakang akan mengalami efek seperti bola bekel, dimana penumpang akan terasa seperti memantul dari sisi satu ke sisi lainnya saat terjadi benturan. Dengan kata lain, resiko terluka dan hal yang tidak diinginkan lainnya akan menurun jika menggunakan sabuk pengaman atau safety belt. Lebih buruk lagi dengan tidak menggunakan sabuk pengaman di mobil, kita tidak hanya membahayakan diri sendiri dan orang tersayang, tapi juga orang lain. Ya ibarat ketika kita tidak mengikuti prokes di luar rumah, kita bisa membuat orang lain terkena virus COVID-19.

Sudah Diatur Pemerintah

Seperti halnya penggunaan helm bagi pengendara bermotor yang diatur oleh undang-undang, pengendara mobil juga mendapat aturan serupa untuk penggunaan sabuk pengaman. Peraturan ini terdapat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 6. Dalam pasal tersebut dijelaskan “Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan.” Dilansir dari CNN Indonesia, Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Palubuhu, membagikan hasil riset dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat. Riset ini mengatakan bahwa 54% orang selamat saat kecelakaan ketika mereka mengenakan sabuk pengaman. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk yang menyetir saja, tapi juga berlaku untuk kamu yang biasanya nyanyi-nyanyi di kursi penumpang. Ya, memang kesannya kurang nyaman, tapi cobalah untuk mengenakannya dengan benar mulai sekarang. Apalagi untuk bayi diwajibkan menggunakan kursi khusus untuk melindungi bayi atau baby car seat. Karena keselamatan sampai ke tempat tujuan lebih penting, bukan?   Sumber: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211105174217-384-717301/menyoal-aturan-pakai-sabuk-pengaman-untuk-penumpang-belakang https://bangka.tribunnews.com/2021/11/05/belajar-dari-kecelakaan-maut-vanessa-angel-dan-suami-inilah-fungsi-sabuk-pengaman-bagi-penumpang?page=4 https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/pentingnya-memakai-sabuk-pengaman-meski-sebagai-penumpang-belakang-ini-sebabnya# https://nissan.co.id//artikel/artikel-product-centric/hal-penting-seputar-sabuk-pengaman.html   Penulis: Galuh Budiati Wangsa/Internship Editor : Hildatun Najah

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X