• Kamis, 7 Juli 2022

4 Alasan Untuk Mencintai Diri Sendiri

- Rabu, 12 Januari 2022 | 07:35 WIB
love yourself
love yourself

Edukasi - Belakangan ini, banyak aksi yang digalakkan untuk meningkatkan awareness pada kesehatan mental, salah satunya dengan gerakan self-love atau mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri, diartikan sebagai aksi untuk menerima diri sendiri sebagai manusia seutuhnya, baik dari sisi positif dan negatifnya. Serta, kemauan untuk berubah ke arah yang lebih baik lagi. Namun, di zaman di mana kritikkan tidak berdasar, ocehan dan cemoohan, serta perkataan kasar bak dilontarkan begitu saja seperti membolak-balikkan tangan, seringkali membuat kita terkesan minder terhadap diri sendiri. Maka dari itu, lunturkanlah perlahan rasa minder, karena ini adalah 4 alasan untuk kembali mencintai diri sendiri

1. Mencintai Diri Sendiri Bukan Bentuk Narsisistik

Kenapa? Karena mencintai diri sendiri merupakan sarana untuk mengenal diri lebih dalam lagi. Jika kamu sudah mengenal dengan lebih baik, kamu akan tahu panggung yang cocok untuk menunjukkan siapa kamu yang sebenarnya. Terlebih, kamu juga akan lebih bisa melihat value atau nilai dari orang lain. Tentu saja, berbanding terbalik dengan narsisistik yang cenderung menganggap dirinya paling baik daripada semua orang.

2. Membangun Kepercayaan Diri

Kamu perlahan-lahan akan menemukan sikap kepercayaan diri yang mungkin sudah lama terpendam. Kamu akan mulai paham bahwa mencoba sesuatu sangat penting daripada tidak melakukannya sama sekali, sehingga kamu akan selalu merasa percaya diri menerima semua rintangan dalam hidup. Ingatlah, dunia ini keras, sehingga melunakkan dirimu dengan membangun kepercayaan diri yang baik merupakan bantuan paling baik, yang akan menjadi tameng untukmu.

3. Dengan Mencintai Diri Sendiri, Kamu jadi Lebih Bahagia!

Cepat atau lambat kamu akan merasa lebih bahagia. Melakukan semuanya semampu kamu, membangun kepercayaan terhadap diri sendiri, dan mengetahui diri kamu lebih baik lagi akan menjadikan diri kamu lebih bahagia. Berbahagialah, karena kamu mencintai dirimu sendiri. Karena sejatinya, kamu tidak perlu bergantung pada orang lain untuk kebahagiaan diri sendiri. Senyumanmu akan kembali pulih dengan cepat dari tidur panjangnya.

4. Perbaikan Kesehatan Mental

Kesehatan mental merupakan faktor penting dalam hidup seorang manusia. Maka dari itu, dengan cinta terhadap diri sendiri, dan terus berproses demikian. Secara tidak langsung, itu memperbaiki kesehatan mentalmu yang sedang menurun. Jangan lupa untuk berkonsultasi pada profesional, bila kamu merasa masih perlu banyak dibantu untuk membuat kesehatan mentalmu menjadi lebih baik lagi.   Penulis: Galuh Budiati Wangsa/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X