• Kamis, 7 Juli 2022

Di Balik Timnas Indonesia Berhasil Masuk Final AFF 2020: Disiplin Jadi Kunci Utama

- Selasa, 28 Desember 2021 | 22:17 WIB
idn01454-_x600
idn01454-_x600

Edukasi - Tim Sepak Bola Nasional (Timnas) Indonesia berhasil melaju ke babak final di piala AFF 2020. Keberhasilan tersebut tidak lain karena adanya campur tangan dari sang juru taktik asal Korea Selatan, yaitu Shin Tae Yong. Pelatih baru Timnas Indonesia tersebut kemudian banyak disorot oleh publik berkat keahliannya dalam melatih Tim sepak bola Indonesia. Shin terkenal dengan ketegasan dan kedisiplinannya dalam melatih. Kedua hal tersebut sudah menjadi ciri khas dari pelatih Timnas satu ini.

Budaya Disiplin Korea Selatan

Lahir di Yeongdeok, Gyeongbuk, Korea Selatan, karier Shin Tae Yong sudah tidak diragukan lagi dalam dunia sepak bola. Ia berhasil membawa tim sepak bola Korea Selatan di Piala Dunia Rusia 2018. Korea Selatan memang terkenal dengan budaya kerja keras dan disiplin. Dalam jurnal yang dipublikasikan oleh Media Neliti, orang Korea memang sangat serius dan disiplin dalam bekerja. Sehingga tak heran jika budaya ini juga dibawa oleh pelatih Shin Tae Yong dalam melatih Timnas Indonesia.

Peraturan Shin Tae Yong

Shin Tae Yong juga menerapkan berbagai peraturan yang harus diikuti oleh para pemain Timnas Indonesia. Jika peraturan tersebut dilanggar, Shin Tae Yong tak segan-segan untuk memulangkan pemain. Selama melatih Timnas Indonesia, Shin tercatat telah memulangkan beberapa anggota Timnas Indonesia karena tidak disiplin. Dalam dua tahun melatih, total ada empat pemain yang Shin pulangkan, yaitu Rifad Marasabessy, Serdy, Afhridrizal, dan Nurhidayat. Dilansir dari m.bola.com, Saddam, salah satu pemain mengatakan bahwa ia banyak mendapat pelatihan mental dan disiplin oleh Shin Tae Yong. Shin juga menerapkan denda hingga pencoretan pemain yang telat mengikuti kegiatan Timnas Indonesia U-19. Denda yang harus dibayar juga bermacam-macam mulai dari 300 ribu sampai 1 juta bahkan dikeluarkan dari jajaran Timnas. Selain kedisiplinan, Shin juga menerapkan pola aturan yang lain seperti aturan menjaga asupan makanan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar bisa tampil secara maksimal. Ditambah pemain Timnas juga harus menjaga pola tidur agar tubuh mendapat jam istirahat dengan cukup. Selanjutnya berkaitan dengan tubuh, pemain Timnas juga harus bisa proporsional untuk menjaga kualitas para pemain. Etos kerja yang diberlakukan oleh Shin Tae Yong ini nyatanya berbuah hasil. Berkat kerja keras pemain Timnas atas arahan pelatih, tim sepak bola Indonesia bisa mengalahkan Tuan rumah piala AFF 2020, Singapura yang berlangsung sengit. Sehingga Timnas Indonesia bisa melaju ke babak final.   Penulis: Gina Nurulfadilah/Internship Editor: Siti Nurjanah/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X