• Kamis, 7 Juli 2022

Mengenal 52 Bahan Pembuatan Bubur Pedas

- Senin, 27 Desember 2021 | 15:20 WIB
Untitled design
Untitled design

Edukasi - Bubur pedas adalah makanan khas Melayu Sumatera Utara. Makanan ini sering dijadikan menu berbuka puasa karena memang rasanya yang enak dan tidak terlalu mengenyangkan. Bubur pedas ini dahulunya menjadi makanan yang sangat digandrungi para raja Melayu. Umumnya, bubur ini disantap bersama sayur urap guna menambah cita rasa. Bahan-bahan untuk membuat bubur pedas ini ada 52 macam. Untuk memudahkannya, tim ngaderes.com membaginya ke dalam 7 kelompok. Berikut rinciannya :

1. Daun-Daunan

Ada beberapa daun-daunan yang menjadi bahan utama dari pembuatan bubur ini yaitu, daun semangkok, daun kunyit, daun bebuas, daun asam glugur, daun paku groda, daun jeruk purut, daun jambu biji, daun jarak murai, daun salam, daun mengkudu, daun kemangi dan daun skentut. Setiap daun masing-masing diambil satu helai dan kemudian direbus.

2. Biji-Bijian

Ada beberapa macam biji-bijian yang digunakan yakni, kacang tanah, kacang kedelai, kacang hijau, beras dan jagung. Jagung sifatnya opsional karena juga dalam pembuatan bubur pedas jarang menggunakan jagung.

3. Buah

Bubur pedas hanya menggunakan 2 buah yaitu pisang dan kelapa. Sama seperti jagung, pisang juga jarang digunakan saat pembuatan bubur pedas. Kelapa biasanya digunakan untuk membuat santan dari bubur tersebut dan digunakan sebagai bahan urap pada bubur.

4. Rempah-rempah

Rempah-rempah yang biasanya digunakan adalah, kayu manis, jintan putih, jintan manis, buah pala, cengkeh, bunga lawang, ketumbar dan lada. Beberapa daerah menambahkan pedas menggunakan lada dan ada beberapa daerah hanya menggunakan cabai sebagai sumber rasa pedasnya.

5. Bumbu basah

Bumbu basah yang digunakan yaitu kunyit, jahe, lengkuas, temu kunci, temu pauh, lempuyang, temulawak, cabai merah, cabai kering, bawang merah dan bawang putih.

6. Perencah

Perencah ini sebagai bahan hewani dari bubur ini. Umumnya, bubur ini menggunakan udang, kerang, cumi-cumi, ikan kakap, ikan asin manyong dan ikan tongkol. Bahan yang wajib digunakan adalah udang, kerang dan cumi-cumi. Karena penggunaan dari bahan ini dirasa tidak terlalu amis dari ikan lainnya.

7. Umbi-umbian

Umbi yang biasanya digunakan adalah ubi kayu, ubi jalar kuning, ubi orange, labu kuning, labu jipang, wortel, kentang dan keladi.   Referensi: http://digilib.unimed.ac.id/1032/3/FullText.pdf Fenny, Arisca. 2017. Analisis bubur pedas pada masyarakat mlayu dihamparan perak: kajian folklor. Medan: Universitas Sumatera Utara. Skripsi   Penulis: Muhammad Farhan Zuhdi/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X