• Kamis, 7 Juli 2022

5 Tips Agar Kamu Tidak Terjebak dalam Lingkungan Toxic

- Senin, 13 Desember 2021 | 04:59 WIB
png_20211213_115431_0000
png_20211213_115431_0000

Edukasi - Sebagai makhluk sosial, menjalin hubungan dengan sesama manusia memang sudah pasti dibutuhkan. Namun hubungan antara manusia itu tidak selamanya memiliki sisi positif, adakalanya bisa berakibat negatif kepada diri kita. Tanpa disadari mungkin saja kita berteman atau berada di lingkungan buruk atau toxic.
-
Sumber : Freepix.com Istilah toxic merupakan sebutan bagi orang atau sekelompok orang yang berperilaku seperti toxic atau racun. Lingkungan toxic ini bisa menyerang keadaan emosional seseorang dan hubungan terasa melelahkan. Tentunya tidak mudah berada di lingkungan toxic, karena bisa sangat menguras energi dan emosional. Efek negatif perilaku toxic tersebut bisa dihindari sebelum mereka masuk di kehidupan kamu. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari orang-orang toxic :

1. Kenali Sifat Toxic di Lingkungan

Sebelum memulai pertemanan atau bergabung dalam lingkungan baru, alangkah baiknya kamu memahami sifat mereka. Hal ini penting untuk kamu ketahui sifat toxic apa saja, dan seberapa toxic mereka. Dengan begitu kamu akan tahu apakah orang tersebut memang jelas beracun dan berbahaya atau hanya toxic kepadamu saja.

2. Fokus Pada Prinsip dan Tujuan

Memiliki prinsip sendiri bisa membuat kamu tidak mudah terbawa oleh pikiran lingkungan toxic. Sehingga, kamu bisa fokus pada tujuan yang ingin kamu capai tanpa terpengaruh oleh mereka.

3. Hindari Perbincangan Negatif

Orang-orang toxic biasanya cenderung melakukan obrolan-obrolan bersifat negatif, misalnya membicarakan keburukan orang lain. Maka usahakan kamu tidak bergabung dalam obrolan-obrolan tersebut, agar tidak terbawa lingkungan buruk itu. Perilaku tersebut selain tidak bermanfaat, juga bisa membuat kamu membenci orang lain, karena biasanya orang toxic pintar memanipulatif seseorang agar mengikuti kehendaknya.

4. Batasi Pertemanan di Lingkungan Toxic

Membuat batasan dengan lingkungan toxic ini sangat penting untuk dilakukan. Selain melindungi diri dari pengaruh buruk, kita juga bisa meminimalisir dampak kesehatan mental dan kebahagiaan diri sendiri. Coba berikan batasan apa yang bisa kamu terima dan tolak. Jangan sesekali orang toxic mempengaruhi kamu untuk melalukan hal buruk. Misalnya kamu boleh menolak mendengarkan keluhan teman kerjamu, tapi tidak tinggal diam jika dia dibully.

5. Jangan Takut Katakan Tidak

Menjadi people pleasure atau orang yang merasa tidak enak saat menolak permintaan teman, mungkin sangat terbebani dengan mengatakan tidak. Namun, kamu harus tahu teman toxic bisa merugikan dan bersikap semaunya bahkan memanipulatif diri kita. Jika dirasa sikap mereka sangat berlebihan, cobalah untuk berani mengatakan tidak terhadap sesuatu hal buruk yang mereka lakukan.   Penulis : Gina Nurulfadillah/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X