• Kamis, 7 Juli 2022

6 Manfaat Berenang untuk Kesehatan Tubuh

- Minggu, 28 November 2021 | 00:13 WIB
renang-2
renang-2

Edukasi - Siapa sih yang gak suka main air? Sejak kecil hingga dewasa pun kita suka banget main air. Kalau dulu kita hanya ikut-ikutan main air di sebuah kolam renang yang banyak wahana bermainnya, seperti perosotan dan tembakan air, sekarang kita yang sudah dewasa mencoba untuk bermain air di kolam renang yang lebih besar. Namun, jika dilakukan secara serius, ternyata berenang memiliki beragam manfaat loh dan bisa dijadikan olahraga rutin. Penasaran? Check it Out!

1. Berenang Dapat Meninggikan Badan

Berenang akan memicu pelepasan hormon pertumbuhan yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan. Selain itu, dalam berenang kita akan menggunakan otot kaki, lengan, tulang belakang, dan dada. Hal itu dapat menambah tinggi badan dan memperbaiki postur tubuh. 2. Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru Berenang merupakan salah satu olahraga yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan volume darah, sehingga lebih banyak oksigen yang masuk ke dalam paru-paru dan otot yang menjadikan pelepasan karbondioksida menjadi lebih efisien. Studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa perenang memiliki jumlah udara yang masuk ke tubuhnya lebih baik jika dibandingkan dengan pelari.

3. Sebagai Latihan Cardio

-
Sumber : olympics.com Cardio merupakan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru yang dilakukan dengan menggunakan otot atau bagian tubuh secara terus-menerus. Ketika berenang, kita akan menggerakkan seluruh tubuh terus menerus dan berusaha untuk tidak tenggelam, yang mana ini menjadi gerakan olahraga kardio. 4. Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang Ketika berenang, kita menggerakkan semua otot yang membuat tubuh kita semakin kuat. Sedangkan saat melakukan olahraga kardio lainnya, seperti lari dan bersepeda, kita tidak menggunakan seluruh otot di tubuh. 5. Menurunkan Berat Badan Berenang selama 60 menit dapat membakar sekitar 500-700 kalori. Dengan kalori yang terbakar sebanyak itu, maka berenang menjadi salah satu olahraga yang cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Namun, kamu juga perlu memerhatikan asupan kalori yang masuk ya! 6. Meringankan Gangguan Radang Sendi Olahraga air menjadi rekomendasi bagi penderita radang sendi. Hal ini dikarenakan tekanan yang ada di dalam air memudahkan penderita radang sendi untuk menggerakkan dan melatih anggota tubuhnya. Selain itu, berenang juga dapat meningkatkan kelenturan anggota tubuh, mengembalikan fungsi sendi, meningkatkan kebugaran tubuh, dan melatih pergerakan otot tubuh. Referensi Lutfia, O. K. (2019). Analisis Terapi Hydrotherapy untuk Skoliosis dari Sudut dari Sudut Pandang Penderita. 2007. https://doi.org/10.31227/osf.io/dfr7p Sable M, Vaidya SM, Sable SS. Comparative study of lung functions in swimmers and runners. Indian J Physiol Pharmacol. 2012 Jan-Mar;56(1):100-4. PMID: 23029972. Susanto, E. (2009). Olahraga Renang Sebagai Hidrotherapy Dalam Mengatasi Masalah-Masalah Kesehatan. Materi Pelatihan Kondisi Fisik Dasar, 50–74.   Penulis: M.Rizki Alfaridzi/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X