• Kamis, 7 Juli 2022

Apa itu Budaya Organisasi?

- Kamis, 25 November 2021 | 22:45 WIB
Budaya Organisasi
Budaya Organisasi

Edukasi - Organisasi merupakan sebuah wadah yang terbentuk dan terdiri dari beberapa kelompok atau individu yang saling bekerjasama secara terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu. Setiap organisasi memiliki budaya yang berbeda tergantung jenis organisasi dan di bidang apa mereka bergerak.

Lalu, apa itu budaya organisasi?

-
Sumber: Rawpixel.com Budaya organisasi merupakan sebuah karakteristik yang dimiliki oleh suatu organisasi yang dijadikan sebagai tuntutan organisasi tersebut dalam pelaksanaan tujuannya. Budaya organisasi juga menjadi sebuah perbedaan antara satu organisasi dengan organisasi lainnya.

Fungsi Budaya Organisasi

Budaya organisasi berperan sebagai penggerak, meningkatkan nilai yang ada dalam organisasi, meningkatkan loyalitas anggota organisasi, dan dapat digunakan sebagai alat untuk menenetukan arah organisasi.

2 Macam Budaya Organisasi

-
Sumber : Freepix.com
  1. Open and Participatory Culture
Budaya organisasi ini ditandai dengan adanya pencapaian tujuan hasil yang tinggi dan didukung oleh adanya rasa saling percaya antara sesama anggota organisasi. Sifat komunikasi terbuka, kepemimpinan suportif dan perhatian penuh, menyelesaikan masalah bersama, serta keterbukaan atas segala suatu informasi yang ada.
  1. Closed and Autocratic Culture
Budaya organisasi ini adalah pencapaian tujuan dengan hasil yang tinggi, tetapi lebih dinyatakan dalam paksaan dengan sifat kepemimpinan otokrasi yang kuat.

Contoh Penerapan

-
Sumber : Freepix.com
  1. Budaya Administrasi
Budaya administrasi merupakan suatu kebutuhan yang penting dalam organisasi, seperti dalam hal surat menyurat, masuk dan keluar barang, gaji karyawan, dan hal-hal lainnya yang memperlancar dan menjaga performa perusahaan.
  1. Kedisiplinan
Budaya organisasi juga bisa berupa kedisiplinan, seperti ketepatan dalam menyelesaikan pesanan dan pengiriman kepada pembeli, tidak telat ke kantor, dan budaya ramah kepada konsumen.
  1. Pembagian Wewenang yang Jelas
Pembagian wewenang yang jelas juga menjadi salah satu keberhasilan suatu perusahaan dalam pelaksanaannya. Tanpa ada wewenang yang jelas dalam perusahaan, maka performa setiap anggota tidak akan maksimal dan cenderung untuk bingung dalam pekerjaannya.
  1. Inovasi
Inovasi dibutuhkan untuk memotivasi karyawan agar mengembangkan dan melahirkan ide-ide baru yang kreatif dan inovatif demi kesuksesan organisasi.

Kesimpulan

Jadi, budaya organisasi sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi karena mencakup nilai-nilai yang dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Oleh karena itu, budaya organisasi harus dibuat sebaik mungkin sebagai identitas organisasi dan ditaati oleh setiap anggotanya. Referensi Coronel, R., Robbins, A. S. P., & Judge, T. A. (2012). MAN 3240 - Applied Organizational Behavior ( New / Master ) - Coronel Title : Essentials of Organizational Behavior , 11th edition. Elangovan, A. R., Pinder, C. C., & McLean, M. (2010). Callings and organizational behavior. Journal of Vocational Behavior, 76(3), 428–440. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.10.009   Penulis: M.Rizki Alfaridzi/Intership Editor: Fahmi Idris/Intership

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X