• Kamis, 7 Juli 2022

Cara Menggunakan Smartphone Sebagai Webcam di Laptop

- Sabtu, 20 November 2021 | 13:35 WIB
fd8121b2-9285-409f-8c89-29ee35e55037
fd8121b2-9285-409f-8c89-29ee35e55037

Edukasi - Webcam merupakan sebuah perangkat yang biasanya terpasang di dalam laptop dan memiliki kegunaan untuk menampilkan gambar secara realtime. Saat ini, perangkat yang mungil ini menjadi benda yang sangat penting karena banyaknya pekerja work from home. Perangkat ini sangat dibutuhkan sebagai penunjang saat kita belajar, virtual meeting, dan mengikuti webinar. Lalu seperti apa cara menggunakan smartphone sebagai webcam di laptop? Yuk kita bahas! Saat ini, on cam saat mengikuti virtual meeting dan webinar menjadi simbol keseriusan kita ketika mengikuti suatu acara yang diadakan secara daring. Webcam sebenarnya terdiri dari webcam eksternal dan internal. Oleh karena itu, mereka yang membutuhkan webcam dengan resolusi tinggi dan memiliki gambar yang jelas biasanya memakai webcam eksternal. Namun, webcam eksternal yang memiliki resolusi tinggi harganya cukup mahal. Mulai dari Rp200.000 hingga Rp2.700.000, tentunya perbedaan harga ini dikarenakan oleh adanya perbedaan spesifikasi yang ditawarkan. Eits kalian jangan panik, karena kalian dapat memanfaatkan smartphone yang dimiliki untuk didayagunakan sebagai webcam. Caranya seperti ini:

Bahan:

- Droidcam PC - Droicam Android DroidCam Client merupakan sebuah program yang memungkinkan kamera smartphone kalian dapat menjadi webcam eksternal laptop. Antara smartphone dan laptop, dihubungkan melalui jaringan yang sama melalui kabel usb atau melalui Wi-FI. Cara ini akan mengatasi masalah buruknya webcam yang ada di laptop tanpa mengeluarkan biaya dan kualitas kamera juga menjadi lebih baik.

Langkah Membuat Smartphone Menjadi Webcam:

  1. Buka aplikasi Droidcam Client yang telah diunduh di PC mu.
  2. Buka juga aplikasi Droidcam di smartphone yang telah diunduh melalui Playstore.
  3. Pastikan, laptop atau PC yang kalian miliki berada dalam jaringan Wi-FI yang sama dengan smartphone yang ingin kalian gunakan sebagai webcam. Hidupkan hotspot tethering di smartphone kalian dan sambungkan laptop atau PC ke jaringan hotspot tersebut.
  4. Kemudian isi IP address pada kolom teks di aplikasi DroidCam Client di PC kamu sesuai dengan  Wi-Fi IP di aplikasi DroidCam di smartphonemu, misal 192.168.0.69 lalu klik tombol Start.
-
Foto: doc.pribadi M.Rizki Alfaridzi/ngaderes.com
-
Foto: doc.pribadi M.Rizki Alfaridzi/ngaderes.com
  1. Secara otomatis, smartphone akan terhubung dengan PC sebagai webcam.
-
Foto: doc.pribadi M.Rizki Alfaridzi/ngaderes.com
  1. Selesai
  Penulis: M.Rizki Alfaridzi/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X