• Kamis, 7 Juli 2022

Kenapa Layanan yang Dimiliki oleh Startup Memberikan Banyak Diskon?

- Rabu, 17 November 2021 | 12:12 WIB
startup-diskon
startup-diskon

Edukasi - Kita pasti udah sering banget mendengar kata startup, tetapi juga bingung apa arti istilah tersebut. Startup merupakan istilah yang ditempelkan bagi perusahaan rintisan yang masih dalam tahap pengembangan. Biasanya startup menyodorkan produk-produk kaya inovasi yang berguna untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat luas. Contohnya : Seseorang ingin makan sesuatu tapi malas keluar rumah, maka ada Grabfood dan Gofood. Mungkin selama ini kita ga sadar, mengapa startup seperti Gojek, Grab, Lazada, Tokopedia, dan Shopee itu memberikan diskon yang sangat banyak bagi para pengguna aplikasi mereka. Penasaran? Yuk simak alasannya.

Apa Itu Bakar Uang?

-
Bakar Uang (Sumber :Pixabay.com Startup seperti yang kita tahu, kalau mengadakan promo pasti gila-gilaan, gak tanggung-tanggung. Mereka terkadang bisa memberikan diskon sampai 100% dari harga total barang yang kita beli. Namun, tahukah kamu jika itu tuh merupakan strategi yang semua perusahaan rintisan lakukan, strategi ini disebut bakar uang. Meski begitu, ternyata mereka itu gak rugi loh. Karena, promo yang diberikan ke kita itu sudah diperhitungkan matang-matang dengan yang namanya laju bakar uang. Jadi, perusahaan itu ga sembarangan untuk memberi promo ke para penggunanya. Ada titik break event point atau balik modal yang sudah ditentukan oleh perusahaan atas produksi layanannya. Kalau kalian perhatikan, setiap startup makin lama akan semakin sedikit promo yang ditawarkan kepada para penggunanya.

Apa Tujuan Start Up Bakar Uang?

  1. Menimbulkan Brand Awareness
-
Awareness (Sumber: Freepik) Sebagai perusahaan rintisan yang baru saja terjun ke dalam dunia bisnis. Para pelaku startup sudah tentu ingin memperkenalkan layanan dan produk yang mereka miliki kepada masyarakat luas dengan sesegera mungkin. Dan pastinya, mereka harus menciptakan awareness atas layanan atau produk yang dibuatnya. Strategi bakar uang yang dicerminkan dalam pemberian promo secara besar-besaran diharapkan dapat menggaet perhatian dari masyarakat. Sehingga menimbulkan rasa ingin mencoba terhadap layanan apapun yang baru saja dirilis oleh si startup itu.
  1. Meningkatkan Pelanggan
-
Ilustrasi Pelanggan (Sumber : Freepik.com) Siapapun di dunia ini sangat menyukai berbelanja, entah sesuai kebutuhan atau sebatas memuaskan keinginan. Intinya, belanja merupakan hal yang mengasyikan untuk banyak orang. Promosi yang dibuat oleh layanan startup sangat ampuh menarik siapapun yang melihatnya. Bagaimana tidak, diskon yang diberikan itu sangat melimpah, membuat setiap pengguna gak ambil pusing lagi untuk segera mengklik tombol checkout. Bahkan, produk yang tidak pernah terpikirkan untuk dibeli, akan kita beli karena adanya diskon.
  1. Memunculkan Loyalitas
-
Foto: unsplash.com Sebagai perusahaan yang memberikan layanan ke konsumennya, sudah seharusnya mengharapkan adanya konsumen yang loyal. Dalam persaingan antara startup yang satu dengan startup yang lainnya, bakar uang memiliki fungsi sebagai “kail” terhadap konsumennya karena konsumen cenderung berpindah produk apabila ada perbedaan harga dan promosi yang diberikan. Biasanya harga yang lebih rendah akan menjadi pilihan konsumen apabila layanan dan fungsi yang dimiliki cenderung mirip-mirip. Apalagi jika ditambah ada promo gratis ongkir maupun flash sale. Sudah pasti, isian dompet akan tergoda. Itulah alasan kenapa perusahaan startup memiliki promo yang melimpah. Strategi ini efektif untuk dilakukan apabila startup memiliki modal yang besar dan tenaga ahli yang kompeten. Referensi Blank, S. (2013). Why the lean start-up changes everything. Harvard Business Review, 91(5). Fonseca, R., Lopez-Garcia, P., & Pissarides, C. A. (2001). Entrepreneurship, start-up costs and employment. European Economic Review, 45(4–6), 692–705. https://doi.org/10.1016/S0014-2921(01)00131-3 Reid, G. C., & Smith, J. A. (2000). What Makes a New Business Start-Up Successful? Small Business Economics, 14(3), 165–182. https://doi.org/10.1023/A:1008168226739   Penulis: M. Rizki Alfaridzi/Internship Editor: Fahmi Idris/Internship

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X