• Kamis, 7 Juli 2022

Main Badminton Susah Kena Kok? Yuk Kenali Tipe Pukulannya

- Selasa, 9 November 2021 | 13:43 WIB
20211109_202356
20211109_202356

Edukasi - Olimpiade Tokyo 2020 sudah usai. Banyak dari kita yang penasaran dan mencoba untuk main badminton. Permainan ini memang sudah sangat familiar di Indonesia dan biasanya dimainkan di jalanan sekitar rumah. Biar gak malu-maluin pas main ama temen, yuk kenalin tipe pukulannya… Secara teknis, pukulan badminton dibedakan menjadi dua macam yaitu Forehand dan Backhand. Forehand merupakan sisi pukulan yang diarahkan dari sisi depan tangan yang digunakan. Jika kamu memegang raket dengan tangan kanan, maka sisi kananmu adalah Forehand. Sebaliknya, jika kamu memegang raket dengan tangan kiri, maka sisi kirimu adalah Forehand. Sedangkan backhand merupakan sisi pukulan yang diarahkan dari silangan tangan yang dipakai. Jika kamu memegang raket dengan tangan kanan, maka sisi kirimu adalah backhand. Sedangkan jika kamu menggunakan tangan kiri, maka tangan kananmu adalah backhand.

Jenis-Jenis Pukulan Badminton

Jenis-Jenis Pukulan dalam permainan badminton adalah service, lob, drive, dropshot, dan smash.

1. Pukulan Service

-
Pukulan Service (Sumber: Unsplash) Pukulan service merupakan pembuka dalam permainan badminton di setiap poinnya. Pukulan service dibagi menjadi dua, yaitu forehand service dan backhand service. - Forehand Service Forehand Service merupakan service yang dipukul dengan menggunakan ayunan raket. Servis ini dibagi menjadi dua, yaitu servis pendek dan panjang. Servis forehand pendek dapat dilakukan dengan ayunan raket dengan sedikit tenaga. Sedangkan untuk melakukan servis forehand panjang untuk menyentuh garis belakang lawan, maka diperlukan ayunan yang kuat. - Backhand Service Servis backhand merupakan servis yang biasanya digunakan untuk menargetkan garis depan kotak pertahanan lawan. Servis ini dilakukan dengan memukul shuttlecock menggunakan pukulan backhand. Dalam servis ini, tenaga yang digunakan cenderung tidak terlalu banyak.

2. Pukulan Lob

-
Pukulan Lob (Sumber: Playo) Lob merupakan sebuah dasar pukulan setelah servis. Setiap orang yang ingin belajar badminton lebih lanjut, harus memiliki kemampuan dasar memukul shuttlecock dengan teknik lob yang baik. Dalam permainan badminton, lob digunakan sebagai strategi dalam mengatur pola permainan penyerangan dan bertahan. Umumnya, pukulan lob dibagi menjadi dua, yaitu: - Lob Bertahan Lob bertahan merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara memukul shuttlecock ke atas dan menargetkan garis belakang lawan. Pukulan ini berfungsi sebagai pengatur posisi sebelum bersiap menerima pukulan oleh lawan. - Lob Serang Lob serang merupakan pukulan yang dilakukan dengan menargetkan garis belakang lawan, tetapi bola yang diberikan cenderung sedikit mendatar dan lebih cepat. Pukulan ini akan membingungkan lawan yang tidak sempat untuk mengatur posisinya.

3. Pukulan Drive

-
Pukulan Drive (Sumber: Olympics.org) Pukulan drive merupakan pukulan yang bertujuan untuk membuat bola datar dengan cepat sehingga lawan tidak dapat menggunakan pukulan yang variatif dan menyerang. Dengan teknik ini, shuttlecock diarahkan dengan cepat tipis dengan bibir net. Manfaat dari pukulan ini adalah mempercepat tempo permainan dan lawan cenderung sulit untuk mengatur posisi.

4. Pukulan Dropshot

-
Pukulan Dropshot (Sumber: pastiguna.com) Pukulan dropshot merupakan pukulan badminton yang diarahkan ke garis depan lawan, tetapi bergerak seperti ingin melakukan pukulan kuat atau smash. Teknik ini hanya memerlukan tenaga yang kecil agar shuttlecock jatuh setipis mungkin dekat dengan net. Namun, teknik yang hanya menggunakan sedikit tenaga ini juga berbahaya karena dapat mengecoh lawan. Ada dua teknik cukup mudah untuk dipelajari, yaitu Swing and Slice Dropshot dan Overhead Dropshot. -Swing and Slice Dropshot Posisikan badan dan raket sebagaimana biasanya ingin memukul shuttlecock di bagian forehand. Kemudian pukul shuttlecock dengan sudut 45° dan ayunkan secara lembut ke arah garis depan lawan. -Overhead Dropshot Pukulan ini dilakukan apabila shuttlecock berada di atas kepala. Kemudian posisikan raket ke atas melewati kepala dan ayunkan dengan sedikit tenaga ke garis depan pertahanan lawan.

5. Pukulan Smash

-
Pukulan Smash (Sumber: playo) Pukulan smash merupakan pukulan serangan yang biasanya digunakan ketika bola melambung tinggi yang dibalas dengan pukulan yang cepat dan tajam. Berikut adalah teknik-teknik dalam pukulan smash. -Jumping Smash Teknik ini merupakan teknik yang memukul shuttlecock dengan kuat bersamaan dengan melompat. Teknik ini cukup sulit dilakukan untuk pemula karena membutuhkan koordinasi lompatan, mata, dan pukulan yang tepat. -Stick Smash Pukulan ini dilakukan dengan cara memukul shuttlecock dengan kencang dan cepat menggunakan pergelangan tangan. Setelah melakukan pukulan ini, raket tidak diposisikan ke bawah sebagaimana pukulan smash umumnya, tetapi langsung dibalikkan ke posisi untuk siap memukul lagi. Penulis: Rizki Alfaridzi/Internship Editor: Redaksi

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X