• Kamis, 7 Juli 2022

Potret 'Hidup' di Media Sosial Instagram

- Jumat, 17 September 2021 | 03:10 WIB
IMG20210918102653
IMG20210918102653

Pemuda Bicara - Generasi hari ini dihadapkan dengan kondisi sosial yang serba digital. Kemunculan berbagai media sosial seperti twitter, facebook, instagram, youtube, path, tiktok, snack video dan platform lainnya yang masih mungkin kembali bermunculan di masa depan, secara alami menjadi gaya hidup masa kini. Sadar gak? Fenomena yang terbentuk dari kemunculan media sosial dalam kehidupan masyarakat hari ini, pun membentuk gaya hidup baru. Pengguna media sosial akan menghabiskan sekian jam waktunya dalam satu hari untuk berselancar di dunia media sosial. Ada beragam kegiatan yang bisa dilakukan orang saat ia 'hidup' di media sosial. Seperti, membagikan kegiatan hariannya baik dalam bentuk video, foto atau narasi, mencari informasi, mengomentari berbagai hal yang tampak di media sosial atau hanya sekedar melihat kehidupan orang lain. Media sosial juga berperan sebagai media untuk orang lain mengenal siapa diri kita. Tak jarang, jika ada orang baru yang ingin mengenal diri kita lebih jauh, hal pertama yang dia lakukan adalah menanyakan akun media sosial kita. Bahkan, beberapa perusahaan mewajibkan pelamar untuk mencantumkan akun media sosialnya dalam lembar Curiculum Vitae (CV) atau riwayat hidup.

Data Pemuda Indonesia Pengguna Media Sosial Instagram

Dikutip dari laman katadata.co.id, jumlah pengguna media sosial instagram saja di Indonesia mencapai 88,22 juta pengguna pada Mei 2021. Jumlah tersebut terdiri dari beragam usia. Adapun pengguna instagram yang masuk kategori pemuda, rentang usia 18-24 tahun, yakni 19,3% adalah perempuan, sedangkan 17% merupakan laki-laki. Di kelompok usia 25-34 tahun, pengguna instagram di dalam negeri yang berjenis kelamin perempuan dan laki-laki sama-sama sebesar 15,9%.

Pemuda, Yuk Bijak Ber-Media Sosial!

Dari data tersebut, terlihat ada banyak pemuda Indonesia yang menggunakan instagram sebagai salah satu platform media sosial. Selanjutnya, tinggal bagaimana kita sebagai pemuda agar bijak menggunakan media sosial dalam kehidupan kita di era digital ini. Ada banyak hal positif yang bisa mengisi kehidupan kita di media sosial. Misalnya, share positive vibes. Kehidupan sederhana dalam keseharian kita yang dibagikan di media sosial, bisa menjadi inspirasi bagi followers atau viewers kita. Bahkan tak jarang, kata-kata bijak yang berseliweran di media sosial pun berasal dari kata bijak yang dibagikan pengguna lain dalam mengarungi kehidupan. Pernah membagikan kata-kata bijak? Penulis: Intan Resika Editor: Redaksi

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X