• Kamis, 7 Juli 2022

Tips Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Buat Kaula Muda

- Selasa, 31 Agustus 2021 | 10:40 WIB
Tinjau-PTM4-768x512
Tinjau-PTM4-768x512

Edutainment - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi menjadi kegiatan yang sangat ditunggu oleh siswa, guru, dan orang tua siswa. Sebab, sudah hampir satu tahun lebih aktivitas pendidikan yaitu pembelajaran tatap muka di sekolah dihentikan karena pandemi covid-19. Namun kabar pemberlakuan PTM di tengah pandemi, kini mulai terdengar di kalangan masyarakat. Lantas apa yang harus dilakukan kaula muda, khususnya bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) jika PTM benar-benar dilakukan?

1. Prokes Sejak Berangkat dari Rumah

Pihak sekolah pastinya sudah menyiapkan skema sedemikian rupa terkait penerapan protokol kesehatan di sekolah. Namun, sejatinya penerapan protokol kesehatan harus sudah dilakukan sejak siswa hendak berangkat dari rumah. Pastikan berangkat sekolah dengan keadaan bersih dan rapi. Memakai masker, membawa hand sanitizer sendiri, dan tidak berkerumun.

2. Adaptasi dengan Aturan Sekolah yang Baru

Adaptasi kebiasaan baru yang sudah dimulai masyarakat sejak masa pandemi, tentunya berlaku juga saat PTM di sekolah. Banyak aturan baru yang harus diketahui siswa terkait dengan PTM di masa pandemi. Karena, sekolah kali ini akan berbeda dari kegiatan sekolah di masa sebelum pandemi. Biasakan untuk tahu setiap informasi baru yang ada di sekolah. Dan mencoba untuk menyesuaikan diri dengan gaya sekolah yang baru.

3. Tetap Bahagia Meski Sekolah dengan Gaya Baru

Apapun kondisi saat ini, sangat wajar apabila siswa mengeluh karena gaya sekolah berbeda dari sekolah di masa normal. Namun, mengeluh justru akan membuat hari-hari PTM siswa menjadi lebih berat. Ada baiknya jika siswa menerima dengan senang hati semua hal-hal baru yang ada di sekolah. Dengan begitu, apapun kondisi yang terjadi di sekolah, siswa akan tetap merasa bahagia. Ingat, bahagia itu bisa kita ciptakan sendiri!

4. Selesai PTM Langsung Pulang

Pulang sekolah, enaknya mampir dulu ke rumah temen mungkin yah. Atau jajan dulu di kantin sekolah sambil ngobrol sama temen-temen. Eits, inget sobat cerdas, saat ini kita masih ada di masa pandemi. Pandemi belum benar-benar usai dan covid-19 yang tidak terlihat masih ada di sekitar kita. Lebih baik dan aman kalau siswa langsung pulang ke rumah jika PTM sudah selesai. Semua pihak tentu berharap pelaksanaan PTM di masa pandemi bisa menjadi angin segar bagi dunia pendidikan. Oleh karena itu perlu kerjasama kolektif khususnya dari para siswa agar PTM ini bisa berjalan sesuai dengan harapan semua pihak. Semangat menuntut ilmu sobat cerdas! Meski ada di masa pendemi, tidak lantas membuat aktivitas menuntut ilmu itu terhenti. Penulis: Intan Resika Editor: Redaksi

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X