• Kamis, 7 Juli 2022

Tips Lebih Percaya Diri dalam Memakai Hijab

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 23:27 WIB
pexels-coach-jerryking-4205565
pexels-coach-jerryking-4205565

Tips -- Jilbab adalah sehelai kain yang digunakan untuk menutupi kepala wanita dan hijab berarti sekat/pembatas antara dua ruang. Memakai hijab adalah kewajiban bagi setiap muslim seperti yang dijelaskan dalam Al Quran dan Hadits. Dengan berhijab itu adalah bukti ketaatan dan keimanan seorang muslim atas perintah Allah swt., Berhijab merupakan kewajiban seluruh wanita muslim di Dunia. Kewajiban berhijab tercantum dalam surat Al-Ahzab (33 [59]) yang berbunyi : Artinya : “Wahai Nabi! katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” Tercatat jelas dalam surat tersebut bahwa perempuan mukmin diwajibkan untuk memakai hijab untuk menutup aurat. Sebenarnya, dalam memakai hijab tak ada kata bagus atau jelek, cocok atau tidaknya. Yang terpenting adalah menutup aurat sesuai syariat dalam islam. Namun, kerapihan dan kecocokan menjadi nilai plus agar lebih pantas dan enak dilihat. Juga dapat meningkatkan rasa percaya diri saat bertemu orang lain. Inilah beberapa tips yang bisa diterapkan saat kamu menggunakan hijab!

1. Kenali bentuk wajah kamu

-
Foto: pexels.com Salah satu tips saat akan menentukan bentuk atau jenis hijab adalah mengenali bentuk wajah. Jika wajah kamu berbentuk bulat maka hijab jenis segi empat cocok untukmu. Namun jika wajah kamu berbentuk oval, hijab jenis pashmina akan membuatmu terlihat cantik.  

2. Memakai hijab berbahan nyaman

Bahan yang nyaman dipakai biasanya terbuat dari kain katun, voal, linen, dan rayon. Cukup tebal namun tidak membuat gerah. Jika dirasa terlalu transparant, kamu bisa menggunakan ciput ninja sebagai dasar hijab.  

3. Jangan dibentuk berlebihan

-
Foto: shireen sungkar/pinterest Gunakan hijab dengan bentuk simple agar lebih nyaman dan percaya diri. Jangan terlalu berbelit jika kamu hanya akan pergi main atau ke acara formal. Tapi ingat ya, tetap yang paling utama adalah menutup dada.  

4. Pilih warna yang sesuai

Warna hitam pasti menjadi pilihan utama kebanyakan wanita berhijab. Namun, warna lain yang cocok dengan pakaianmu saat itu juga akan membuat lebih percaya diri. Warna lain yang bisa menjadi pilihan adalah warna-warna nude yang masuk ke segala jenis warna. Gunakanlah hijab yang membuatmu merasa nyaman. Rasa nyaman akan memberikan rasa lebih percaya diri. Berhijab itu bukan tentang gaya, namun perihal syariat. Tetap istiqomah sobat cerdas! Penulis: Syahida Editor: Redaksi  

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X