• Senin, 27 Juni 2022

Menjaga Kesehatan Mental Anak

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 10:32 WIB
baby-623417_1920
baby-623417_1920

Tips -- Di tengah kondisi pandemi seperti ini kesehatan fisik perlu sekali dijaga, salah satunya menjaga imun tubuh. Namun disamping itu kesehatan mental anak juga perlu diperhatikan. Baik diri maupun anggota keluarga. Terutama bagi para orang tua sangat penting menjaga mental sang anak. Mereka yang seharusnya bebas bermain di luar rumah kini menjadi tertahan untuk tetap di rumah saja. Dikutip dari akun instagram @personale.id, berikut 5 cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak.

1. Bersikap Egois (Mental Anak)

Sebagai orang tua terkadang hanya fokus pada permasalahan sendiri. Oleh karena itu, cobalah untuk tidak mengabaikan kehadiran anak. Berikan perhatian sesuai porsi, ini akan memberikan rasa berharga pada diri anak. Terkadang kita tidak tahu apa yang dirasakan oleh sang anak. Apa yang ia butuhkan dan apa yang ia inginkan. Mengenal dan memahaminya akan menjaga kesehatan mental anak.  

2. Terlalu Mengontrol

Beberapa perilaku seperti membatasi anak atau terlalu campur tangan terhadap kehidupan anak bisa membuat anak tidak memiliki kesempatan untuk mencoba hal baru. Bahkan terkadang anak menjadi mudah cemas dan takut untuk mencoba hal baru. Oleh karena itu, berilah kesempatan untuk anak mencoba hal baru, tapi tetap didampingi dengan pengawasan yang baik. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Kegiatan anak menjadi terbatas. Mencari ide dan memberikan hal baru akan meningkatkan rasa senang anak selama di rumah aja.  

3. Membandingkan Anak dengan Saudara

Terkadang orang tua cenderung membanding-bandingkan anak dengan saudara kandungnya dengan tujuan agar anak melakukan sesuatu yang diharapkan. Namun ternyata hal seperti itu tidak baik, hal ini akan menyebabkan rendahnya self-image yang dimiliki anak dan munculnya rasa cemburu dan benci terhadap saudaranya. Setiap anak memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Mereka memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Menggali dan mengembangkan bakat anak lebih baik daripada membandingkan dengan orang lain.  

4. Melakukan Verbal Abuse

-
Foto: pixabay.com Jangan berkata kasar atau mengumpat pada anak. Ini akan menyebabkan hilangnya kepercayaan diri anak. Jika memang terjadi hal yang tidak diinginkan, tetaplah mengontrol emosi dan menenangkan diri terlebih dahulu. Disaat kondisi seperti ini. Lingkungan sang anak hanya rumah dan keluarga, maka dari itu hanya keluarga yang dapat menjadi kepercayaannya.  

5. Bersikap Perfeksionis

Hindari menetapkan standar yang tinggi untuk keberlangsungan hidup anak, dan jangan mewujudkan keinginan yang tidak dicapai melalui anak. Hal ini dapat membuat anak merasa tertekan dalam mengerjakan sesuatu. Itulah 5 cara yang harus diperhatikan untuk menjaga mental anak di tengah kondisi seperti ini. Memahami situasi dan kemampuan anak menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan mentalnya. Sumber: @personale.id Jurnalis: Syahida Editor: Redaksi  

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB

Doa Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Selasa, 19 April 2022 | 11:44 WIB
X