• Senin, 27 Juni 2022

Peternak Muda yang Sukses Jadi Penjual Hewan Kurban Tiap Tahun

- Kamis, 8 Juli 2021 | 06:46 WIB
WhatsApp Image 2021-07-08 at 12.30.40
WhatsApp Image 2021-07-08 at 12.30.40

Kurban Corner -- Yaya, seorang peternak muda berusia 26 tahun asal kota Cimahi, Jawa Barat yang sudah menjadi peternak sapi sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. “Sudah sejak SD mencari rumput, lalu saat SMP satu anak dikasih satu ekor sapi untuk dijual ataupun dijadikan hewan ternak. Saya memilih ternak sapi perah awalnya,” ungkap Yaya saat diwawancara pada Rabu, 7 Juli 2021. Pilihan pekerjaan yang Ia miliki sebagai seseorang yang tinggal di kampung hanya dua, menjadi seorang buruh, atau peternak sapi. Dan Yaya memilih menjadi seorang peternak sapi. Sebagai seorang peternak sapi, mulai dari bangun tidur Yaya langsung memandikan sapi-sapinya. Setelah itu memerah sapi, lanjut memberi makan sapi perah dan memberi makan sapi potong. “Jadi, disini tuh saya ternak sapi perah dan sapi potong untuk kurban,” jelas Yaya kepada tim ngaderes.com.

Geliat penjualan hewan kurban

Yaya mengungkapkan bahwa geliat penjualan hewan kurban di tahun ini meningkat dari tahung kemarin. Pada tahun kemarin total hanya terjual 22 ekor, sedangkan hari ini saja sudah terjual 30 ekor.

-
Foto: Yaya(26)/doc.ngaderes.com “Untuk pemesanan sapi potong untuk kurban sudah mulai sejak setelah lebaran idul fitri,” lanjut peternak muda. Yaya menjelaskan bahwa para konsumen membeli hewan kurban dari jauh-jauh hari karena agar saat hari H hewannya menjadi lebih besar. “Suka duka menjadi peternak sapi tuh sukanya saat uang cair semua sapi terjual. Dukanya sehari-sehari kan saya bayar pakan, sistemnya 15 hari sekali, hampir 9 juta untuk 2 minggu sekali, sebulan paling jelek kena 16 juta. Belum lagi saat sapi tidak sehat, ada juga yang mati,” cerita Yaya pada tim ngaderes.com. Yaya juga menambahkan, menjadi seorang peternak sapi terkadang dipandang sebelah mata oleh orang lain. “Pekerjaannya kotor-kotoran tapi uangnya mah harum,” ucap Yaya. “Harapannya ingin kebeli lahan yang banyak, ingin beli rumah sendiri, sehingga saat menikah sudah bebas,” ungkap Yaya saat ditanya harapan kedepannya. Bagi sobat cerdas yang lagi mencari hewan kurban di daerah Cimahi bisa datang ke lokasi peternakan sapi yang dimiliki Yaya. Tempatnya di Kampung Cileweung, RT 1 Rw 19, Cileweuing, Kelurahan Cipageran, Cimahi. Jurnalis: Syahida Inayatullah Editor: Redaksi

Editor: Intan Resika Rohmah

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB

Doa Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Selasa, 19 April 2022 | 11:44 WIB
X