• Kamis, 7 Juli 2022

Sudah Tahu Belum? Sering Baca Buku Bisa Meredam Stres Loh!

- Minggu, 6 Juni 2021 | 14:55 WIB
pexels-monstera-5634667
pexels-monstera-5634667

Tips – Kamu gemar membaca buku? Wah ada kabar baik nih, selain mendapat ilmu dan wawasan baru dari hasil membaca buku. Faktanya buat kamu yang sering baca buku, hal itu dapat menurukan kadar kortisol dan hormon stres hingga 68% loh. Dilansir dari takingcharge.csh ini adalah fakta yang terbukti bahwa membaca dapat membantu mengurangi stres. Banyak dari kita merasa bahwa membaca itu menjadi tindakan sederhana yang biasa kita lakukan dalam aktivitas sehari-hari.  Seperti membaca koran, majalah, informasi di media sosial, rambu lalu lintas atau email yang masuk. Tapi seberapa sering kita membaca untuk mencari kesenangan? Sering baca buku bisa menjadi pelarian terbaik dan juga sehat tentunya, terutama ketika kita merasa stress menjalani kehidupan. Cukup dengan membuka buku, kita membiarkan diri diundang ke dunia sastra yang mengalihkan kita dari keadaan stres sehari-hari. Membaca bahkan dapat merilekskan tubuh kita dengan menurunkan detak jantung dan meredakan ketegangan pada otot tubuh. Sebuah studi tahun 2009 di University of Sussex menemukan bahwa membaca dapat mengurangi stres hingga 68%. Ini bekerja lebih baik dan lebih cepat daripada metode relaksasi lainnya, seperti mendengarkan musik atau minum secangkir teh panas. Ini karena pikiran kita  diundang masuk ke dunia sastra yang bebas dari stresor yang mengganggu kehidupan sehari-hari kita. Temukan buku atau majalah yang menarik minat kita, seperti majalah berkebun, make up, fashion atau bahkan buku masak. Sisihkan waktu 30 menit untuk membaca setiap hari di tempat yang tenang di mana kita tidak akan terganggu.
Berikut adalah beberapa tips untuk membantu memulainya:
  1. Buku yang dipilih tidak harus ada dalam daftar "best seller". Yang penting adalah bahwa materi itu telah menarik minat kita dan akan memberikan ruang bagi pikiran kita untuk bersantai setiap hari.
  2. Membaca bisa membantu mengurangi stres jika kita memilih sesuatu yang kita sukai yang tidak akan membuat kita kesal. Membaca berita mungkin bukan pilihan terbaik jika itu membuat kita merasa marah atau jengkel. Pilih novel atau komik yang bisa menjadi pelarian diri kita ke dunia lain. Atau baca tentang aktivitas yang kita sukai, seperti hobi, jalan-jalan, memasak.
Setelah itu dilakukan, lihat bagaimana perasaan kita setelah istirahat membaca. Apakah kita telah mampu menghilangkan rasa stress itu, atau mungkin sedikit menguranginya? Jika berhasil selamat ya! Tapi jika tidak, mungkin cara lain bisa membantu. Temukan tips kesehatan lainnya di next artikel ya ngaderes mania. Selamat mencoba! Referensi: Lewis, D. (2009), Galaxy Stress Research. Mindlab International, Sussex University, UK. Sumber: https://www.takingcharge.csh.umn.edu/reading-stress-relief Editor: dfalv  

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X