• Kamis, 7 Juli 2022

7 Habit Bikin Kamu Jadi Pribadi Efektif

- Sabtu, 13 Maret 2021 | 13:02 WIB
priority-4297708_1920
priority-4297708_1920

Tips - Pribadi yang efektif adalah dia yang mampu melakukan segala sesuatu dengan tepat sasaran. Tidak salah mengambil tindakan, sehingga tidak pula menyiakan hidup. Menurut Stephen Covey, ada 7 habit atau kebiasaan yang akan membuat hidup lebih terarah dan tepat sasaran hingga tidak akan mudah kita sesali dalam menjalaninya.

Jadilah orang yang proaktif, bukan reaktif

Proaktif adalah memilih dan mempertimbangkan stimulus yang datang sebelum memberikan respon. Sedangkan reaktif sebaliknya, yaitu cepat merespon dan mengambil tindakan tanpa pertimbangan dan memikirkan akibatnya. Mereka yang proaktif akan fokus pada apapun yang bisa dan mampu mereka kelola saja.

Mulailah segala sesuatu dari hasil akhir dalam pikiran

Begin with the end in mind, ini maksudnya adalah jangan terburu-buru mengambil tindakan sebelum membayangkan apa hasil akhir yang ingin kamu capai. Selain itu pertimbangkan juga, apakah itu sesuai dengan prinsip hidup yang kamu pegang? Jadi, pikirkan terlebih dahulu dengan matang, apakah sudah sesuai dengan tujuan yang ingin kita pegang.

Dahulukan yang menjadi prioritas atau utama

Manajemen prioritas itu penting. Karena jika kita tidak bisa mengelolanya, maka seringkali kita akan terbawa arus dan tidak bisa membedakan mana yang kewajiban, mana yang kebutuhan dan juga keinginan. Kita harus bisa memilah mana yang bisa kita dahulukan, mana yang bisa dipending. Manajemen prioritas ini dapat dibagi menjadi empat kategori: Penting-mendesak, penting-tidak mendesak, tidak penting-mendesak, dan tidak mendesak-penting. Empat komponen itu bisa kamu gunakan untuk menentukan mana yang harus dilakukan sesegera mungkin dan mana yang bisa ditunda.

Berpikirlah menang-menang

Ambil keputusan tanpa merugikan salah-satunya. Itu artinya kita harus bisa mengatur dua hal yang terkesan bentrok atau bertolak belakang, tanpa mengorbankan salah satunya. Misalnya dengan memberikan kompromi dengan berbagai keuntungan lain.

Berusahalah untuk memahami

Kadang kita selalu terburu-buru menghakimi segala sesuatu tanpa mendengarkan terlebih dahulu, tanpa melibatkan rasa empati dan juga pikiran terbuka. Hal itu justru akan membuat kita gegabah dalam menilai sesuatu, padahal belum tentu kenyataannya demikian.

Lakukan sinergi dengan orang lain

Mereka yang menutup diri pada orang lain dan tidak ingin melibatkan orang lain dalam pencapaian tujuan kita, justur akan membuat proses pencapaiannya akan semakin lambat. Karena bisa jadi banyak komponen yang tidak bisa kita lakukan tapi bisa dilakukan oleh orang lain. Sudah tidak jaman egois dan menutup diri, sudah saatnya berkolaborasi dan saling mengisi.

Mengasah diri

Habit terakhir ini adalah untuk melengkapi 6 habit sebelumnya. Mangasah diri dalam tiga komponen; fisik, mental, dan spiritual, agar semua habit tersebut bisa dijalani dengan baik. Nah, itu dia tips dari Stephen Covey yang bisa kita terapkan dalam menjalani hidup agar lebih independen dan efektif. Selamat mencoba! Penulis: Erin Soleha Editor: Isyfa

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X