• Kamis, 7 Juli 2022

Tips Meningkatkan Harga Diri - Self Esteem

- Selasa, 9 Maret 2021 | 13:59 WIB
board-2433989_1920
board-2433989_1920

Tips - Sering merasa minder dan rendah diri jika sudah bertemu dengan orang-orang yang dirasa lebih dibanding diri sendiri? Misalnya secara finansial, hubungan keluarga dan pasangan, fisik, bahkan jabatan. Kita kerapkali merasa tak layak dan tak bisa mencapai hal sama karena berbagai macam hal. Mungkin karena latar belakang keluarga, kondisi ekonomi, hingga hal-hal lain yang berbeda jauh dari mereka. Tenang! Setiap manusia itu punya kesuksesan yang berbeda-beda. Termasuk bagaimana proses dalam melewatinya. Karena itu, ada beberapa tips supaya kita tidak lagi minder dan lebih menghargai diri kita.

Kenali diri sendiri (self-awareness)

Mengenali diri sendiri ada di poin pertama dan juga utama, kenapa? Karena tanpa kita tahu apa yang ada dalam diri kita, kita tidak akan bisa merasa bangga dengan apa yang kita punya. Misalnya dengan mengenal apa kemampuan dan potensi yang kita kuasai, kemudian kita tahu bagaimana mengembangkannya. Maka secara tidak langsung kita sudah tahu value apa yang kita punya, dan bagaimana cara memunculkan value itu hingga kita bangga pada diri sendiri.

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Meski sering sekali kita mendengar kalimat, “Coba lihat dia! Baik, ramah, pintar, rajin....” dulu kita terbiasa melihat orang lain sebagai sosok yang bisa kita contoh. Meski pun kesannya benar, tapi kebiasaan ini jadi punya efek samping negatif, yaitu kita jadi hobi membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Hal itu secara tidak sadar malah akan membuat kita menjadikan hidup ini seperti arena kompetisi, dimana akan ada yang menang dan kalah. Memang menyenangkan jika kita ada di posisi yang menang, tapi jika kalah? Maka hidup kita hanya akan berada di bawah bayang-bayang orang lain. Sangat melelahkan.

Melakukan kegiatan positif atau kerelawanan

Salah satu hal yang bisa membuat kita merasa berarti, berguna, dan butuhkan adalah saat kita bisa memberi kontribusi dan melakukan sesuatu pada orang lain. Kita akan cenderung bangga saat berhasil membantu orang lain. Kegiatan kerelawanan inilah yang akan sedikit demi sedikit membuat hidup kita tidak sia-sia lagi.

Olahraga

Percaya atau tidak, dengan beraolahraga kita akan lebih bahagia. Pikiran kita akan lebih rileks. Selain itu, fisik dan juga mental kita akan lebih sehat. Apalagi jika kita berhasil menantang diri sendiri untuk meluangkan waktu sekian menit untuk berlelah-lelah olahraga, kita pasti akan bangga dengan diri sendiri. Penulis: Erin Soleha Editor: Isyfa

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X