• Kamis, 7 Juli 2022

7 Cara Bikin Baterai Smartphone Kamu Tahan Lama

- Sabtu, 13 Februari 2021 | 05:08 WIB
charging
charging

Tips - Smartphone zaman sekarang makin kesini makin canggih. Kemampuan multitaskingnya gak perlu diragukan lagi. Dibekali lah dengan RAM besar, prosesor cepat, atau kemampuan kamera yang mumpuni. Tapi disisi lain, baterai tidak mendapat peningkatan seperti komponen spesifikasi lainnya.  Karena keseringan dipakai untuk bermain game atau berselancar di dunia maya, bikin baterai cepat terkuras habis dan boros. Jadi sering banget tuh nge-drop. Bentar-bentar harus di charge, atau kemana-mana mesti bawa power bank. Kita ada beberapa tips nih, biar baterai smartphone kamu bisa tahan lebih lama.

1. Hemat Daya

Periksalah aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai kamu. Masuk ke menu Settings > Device > Battery atau Settings > Power > Battery Use untuk melihat semua daftar aplikasi  dan berapa banyak daya baterai yang digunakan. Atau langsung gunakan fitur Battery Saver, sehingga baterai kamu akan secara otomatis mengurangi performa CPU-nya saat keadaan low-batt.

2. Lepaskan Widget dan Batasi Penggunaan Aplikasi di Belakang Layar

Banyak aplikasi smartphone, termasuk media sosial, aplikasi cuaca, berita, dilengkapi dengan widget yang dapat diakses mudah lewat layar utama smartphone kamu. Namun, kalian pasti tahu bahwa widget aplikasi menguras banyak daya baterai smartphone kamu. Karena sinkronisasi real-time atau animasi yang ada pada aplikasinya membuat baterai cepat terkuras. Jika kamu tidak memerlukan beberapa widget itu, lepas aja. Caranya tekan dan tahan ikon aplikasinya, lalu seret ke ikon tempat sampah. Termasuk juga batasi aplikasi yang berjalan di belakang layar, caranya Kamu pergi ke settingan Notifikasi > Aplikasi dan Notifikasi > Lanjutan > Baterai > Pembatasan latar belakang.

3. Matikan GPS

Matikan fitur GPS pada smartphone kamu, karena bisa membuat baterai cepat terkuras. Jika beberapa aplikasi mengharuskan untuk melacak lokasi, seperti update status di medsos boleh diaktifkan, tapi setelahnya matikan lagi. Direkomendasikan juga agar mematikan aplikasi peta kamu seperti googlemaps atau waze setelah kamu selesai menggunakannya.

4. Uninstall Aplikasi

Hapus aplikasi yang tidak kamu gunakan. Klik menu setelan > aplikasi > semua. Ketuk pada aplikasi dan tekan uninstall untuk menghapus aplikasi dan semua datanya. Kamu juga bisa menonaktifkan aplikasi bawaan smartphone kamu dengan cara masuk ke Menu Utama > Setelan/Pengaturan > Pengaturan Aplikasi. Cari aplikasi yang ingin kamu nonaktifkan, ketuk aplikasi pilih nonaktif/disable, maka otomatis aplikasi itu tidak akan muncul lagi.

5. Baterai Smartphone Tahan Lama Jangan Charge Baterai Semalaman

Sangat tidak disarankan me-charge smartphone semalaman suntuk. Hal ini bisa menyebabkan overheat juga loh, dan bikin baterai smartphone kamu cepat rusak. Meski sekarang beberapa smartphone terbaru sudah dibekali fitur auto cut-off saat baterai telah penuh, tetap jangan isi baterai sepanjang malam. Ada tips nih agar umur baterai lebih panjang, lakukan isi ulang saat baterai smartphone kamu tinggal 30% dan cabut kabel charge ketika sudah menunjukkan sekitar 80%. Tujuannya untuk menjaga siklus baterai smartphone kalian.

6. Matikan Notifikasi

Pembaruan real-time dari aplikasi di smartphone memang berguna terutama email atau medsos kalian. Namun, beberapa aplikasi secara otomatis meminta izin untuk mengirim pemberitahuan yang agak tidak penting. Nonaktifkan notifikasi dengan cara Menu Utama > Setelan > Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang kurang penting dan hapus centang pada piliha ‘tampilkan pemberitahuan/show notification’.

7. Gunakan Dark Mode

Mengaktifkan Dark Mode memang membuat kenyamanan bagi mata, dan hal ini juga berguna untuk menghemat penggunaan daya smartphone. Selain itu kamu juga bisa memasang wallpaper bertema gelap, dan sempurnakan dengan  mengaktifkan tampilan dark mode untuk media social seperti instagram, facebook, atau twitter. (Dita/berbagai sumber) Penulis : Dita FA Editor: Isyfa

Editor: Administrator

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X