• Kamis, 7 Juli 2022

Tips Aman Menghadapi New Normal

- Rabu, 16 Desember 2020 | 16:16 WIB
3
3

Ngaderes.com - Sudah hampir setaun COVID-19 menjadi momok mencekam di seluruh dunia. Hampir setiap sektor kehidupan mengalami kerugian akibat pandemi ini. Kerugian yang tak sedikit menuntut pemerintah untuk segera mengambil tindakan, salah satunya adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Setelah berbulan-bulan PSBB diberlakukan, kini pemerintah menerapkan kebijakan baru guna menghidupkan kembali sektor kehidupan masyarakat. Melalui kebijakan baru, yang disebut sebagai New Normal, pemerintah berharap masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasanya. New normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) merupakan sebuah kondisi adaptasi pasca karantina pandemi yang sedang melanda saat ini. Berikut beberapa tips menghadapi masa AKB.

1. Menggunakan masker sesuai anjuran

Masker saat ini merupakan sebuah kebutuhan primer ketika berada di luar ruangan. Namun tidak semua masker dapat digunakan untuk mencegah virus yang masuk. Jadi, gunakanlah masker yang sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

2. Membawa Hand Sanitizer

Selain masker, hand sanitizer menjadi salah satu benda penting untuk dibawa saat pandemi. Hand sanitizer berguna untuk membersihkan virus yang mungkin menempel di tangan. Meski saat ini fasilitas umum seperti mall, stasiun, halte, perkantoran, dan lain-lain sudah menyediakan tempat cuci tangan khusus sebelum masuk ke dalam gedung. Tetapi tidak ada salahnya untuk membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan.

3. Menjaga jarak

Menjaga jarak atau social distancing juga merupakan salah satu hal yang penting dalam penerapan adaptasi kebiasaan baru. Selain udara dan droplet, kontak fisik juga menjadi jalan bagi virus untuk menular. Tubuh yang rawan, akan mudah tertular virus saat melakukan kontak fisik dengan penderita COVID ataupun benda yang telah tersentuh lebih dari satu orang. Dari tips di atas ada beberapa hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan imun tubuh, seperti istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan matang. Indonesia sendiri memiliki peningkatan kasus penularan yang signifikan tiap harinya. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran dari kita masing-masing agar menjaga kesehatan dan menaati aturan yang berlaku. Apakah kamu sudah mengikuti anjuran di atas? Apakah kamu punya saran untuk dibagikan ke orang lain? Tulis pada kolom komentar di bawah ya! Jaga kesehatan selalu! Penulis : Ari Rohman Parasto Designer : Alam Fauzi Gumilar Editor : Aldia Deponsa Judistir

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X