• Kamis, 7 Juli 2022

Wajib Tahu! Hal Penting Sebelum Bersepeda

- Selasa, 15 Desember 2020 | 08:45 WIB
2
2

Ngaderes.com - Bersepeda hari ini, masih populer di kalangan masyarakat. Melonjaknya pengendara sepeda pemula ini tidak diimbangi dengan edukasi yang sesuai, dimana hal itu membuat pengendara pemula ini sedikit menghiraukan aturan lalu lintas. Tentu itu sangat berbahaya. Bagi pesepeda yang menjalankan rutinitas sehari-harinya menggunakan sepeda atau melakukan comuting bike, mungkin berkendara di jalanan sudah biasa dan paham akan hal itu. Beberapa kasus lainnya juga terdapat pada pesepeda yang kelelahan saat bersepeda karena mengikuti rombongan yang tidak sesuai pada porsi latihanya. Padahal setiap individu memiliki batas fisik yang berbeda, ada yang kuat dan bisa memacu sepedanya lebih cepat dan ada juga yang hanya mampu memacu sepedanya di kecepatan tertentu. Berikut ini beberapa tips aman saat bersepeda yang bisa kamu coba:

1. Gunakan sepeda sesuai tinggi badan

Bersepeda tidak hanya sekedar mengayuh pedal, namun perlu juga memerhatikan postur tubuh yang mempengaruhi jenis besarnya rangka sepeda yang akan dipakai. Contohnya, jika kita memiliki tinggi badan 170cm-175cm maka besar rangka yang ideal adalah ukuran 52cm-54cm. Berikut size chart-nya:
-
Picture: Ngaderes.com Mengapa ini penting? Karena bersepeda dengan besar rangka yang tidak sesuai, dapat menyebabkan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Bahkan yang lebih parah dapat membuat otot cedera, sehingga membuat pesepeda kapok tidak ingin bersepeda lagi.

2. Ketahui batas diri

Beberapa bulan terakhir, banyak sekali pesepeda yang mengalami jackpot, bahkan yang terparah adalah blackout. Jackpot merupakan seseorang mendorong fisik ke tahap maksimal dan melewati batas kemampuan mereka yang menyebabkan muntah akibat kelelahan. Sedangkan blackout adalah kondisi dimana penurunan aliran darah ke otak, dimana gejala awalnya mata akan berkunang-kunang. Penyebab lainnya, bisa saja pesepeda sedang dehidrasi. Hal ini bisa berbahaya bagi jantung dan otak. Ada beberapa fase sebelum mencapai blackout. Fase 1 : Tubuh terasa panas. Saat mendekati batas fisik dan maksimal kerja jantung. Fase 2 : Sulit mengatur nafas. Sampai di sini wajib mengurangi pace atau kecepatan putaran kaki atau mengurangi penggunaan power. Fase 3 : Mata berkunang-kunang dan atau mual. Fase ini pesepeda Wajib Berhenti. Fase 4 : Blackout atau pingsan. Fase ini bisa langsung ke tahap selanjutnya. Fase 5 : Jantung berhenti bekerja Cukup mengerikan bukan, untuk itulah kita harus mengetahui hal berikut :

1. Mengenal Heart Rate & Pace

Ini cukup penting karena jika heart rate atau detak jantung semakin tinggi, maka semakin tinggi pula kita mengalami kelelahan. Berikut perhitungannya berdasar umur, rumusnya adalah: 220 – umur. Misal, 220 – 47 = 173, berarti maksimalnya adalah 173 detak per menit kira-kira kita boleh memaksa jantung bekerja pada tahap maksimal. Selanjutnya adalah pace. Istilah dalam bersepeda, pace adalah kecepatan yang dihasilkan saat bersepeda. Rata-rata bagi pemula, pace-nya berkisar 15km/jam sampai 25km/jam. Berbeda dengan profesional yang bisa mencapai 50km/jam, hal itu tidak dianjurkan bagi pesepeda pemula. Jangan sampai karena ingin terlihat keren dan ingin menyamai teman gowes, kita jadi lupa batasan diri.

2. Konsumsi makanan penunjang

Dalam bersepeda, energi yang kita keluarkan cukup besar sehingga kita harus menambalnya agar bisa menutup kalori yang terbuang saat bersepeda. Caranya adalah, yaitu dengan mengkonsumsi karbohidrat, protein, minuman isotonik dan buah buahan. Hal ini ditujukan agar saat bersepeda kita tidak lemas dan bahkan kekurangan nutrisi setelah bersepeda. Sekian tips yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bersepeda. Selain itu, selalu patuhi peraturan lalu lintas yang ada agar tidak ada hal buruk yang terjadi. Bagaimana pendapatmu, apakah tips berikut cukup membantu? Beri pendapatmu atau saran tambahan pada kolom komentar di bawah! Jaga kesehatan selalu, selamat beraktivitas! Penulis : Ari Rohman Parasto Designer : Alam Fauzi Gumilar Editor : Aldia Deponsa Judistira

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X