• Kamis, 7 Juli 2022

Merasa Hidup Belum Bahagia? Lakukan 4 Tips Jitu Ini!

- Sabtu, 14 November 2020 | 13:42 WIB
1
1

Ngaderes.com - Pernah nggak sih dalam sehari kamu merasakan kesedihan yang luar biasa? Entah itu karena nilai ulangan yang jelek, merasa teman sudah semakin menjauh, atau memang sudah mulai merasakan kesepian dalam hidup. Apalagi di usia remaja yang mulai rentan dengan kesendirian. Hampa aja gitu rasanya. Well, selamat. Itu tandanya kita masih bisa dianggap sebagai manusia. Rasa sedih dalam diri itu wajar lho. Tapi ingat nih, jangan terlalu larut dalam kesedihan karena Allah tidak suka dengan hamba-Nya yang suka melebih-lebihkan. Nah kalau sudah begini, gimana sih caranya agar di sisa hidup ini kita bisa terus bahagia?

1. Tenang, Kita Enggak Sendirian

-
Gambar: amomentwithchrist.com Jika kita mulai merasa hidup ini mulai menghitam, coba deh tutup mata dan bilang pada diri sendiri, "Ya Allah, terima kasih, karena hanya Engkau satu-satunya yang selalu ada bersamaku." Cara ini adalah cara terampuh dan termudah yang bisa kita lakukan setiap saat. Nggak ada yang sulit. Hanya tutup mata, lalu berbisiklah pada diri sendiri bahwa Allah nggak akan menjauh darimu sejengkal pun. Karena sebenarnya Allah sudah berkata dalam Al-Quran bahwa Allah itu lebih dekat daripada urat leher kita sendiri. Mantap nggak tuh? Secara nggak langsung Allah bilang kalau Dialah satu-satunya yang akan dan senantiasa selalu ada di dekatmu selamannya.

2. Carilah Sahabat yang Tepat

-
Gambar: weheartit.com Sahabat yang tepat tentu saja akan membuat kita akan selalu bahagia saat ada di dekatnya. Setidaknya kita punya seseorang yang Allah turunkan untuk menghapus kesedihan kita selama di dunia. Nah, seperti apa sih sahabat yang tepat itu? Tenang, sejak ratusan tahun lalu sebenarnya Nabi Muhammad SAW sudah memberi kita rahasia umum mengenai hal ini, lho. Beliau bilang, seseorang yang duduk berteman dengan orang sholih adalah bagaikan berteman dengan pemilik minyak misk. Ketika kita nggak dihadiahkan minyak misk olehnya, setidaknya kita bisa membeli darinya atau minimal dapat baunya. Jadi, carilah teman yang bisa ‘memberimu minyak misk’ dan bersahabatlah dengan bahagia. Ingat, sahabat yang tepat juga adalah sahabat yang bisa membawamu menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya.

3. Ibadah? Tentu Saja Jangan Terlewat!

-
Gambar: aboutislam.net Kita pasti pernah mendengar percakapan seperti ini: “Aku pingin banget nangis. Hidup aku tuh udah jatuh banget! Aku nggak tau harus gimana.” Dan kadang ada teman kita yang menjawab: “Coba deh kamu sholat. Dijamin itu bisa bikin kamu tenang.” Pasti pernah dong mendengar sedikitnya percakapan yang hampir sama dengan percakapan di atas. Ibadah kepada Allah, minimalnya sholat akan membuat hati kita jadi lebih tenang, lho. Karena orang yang selalu berpegang teguh pada ajaran Islam, tentunya akan jauh lebih bahagia hidupnya. Hidup akan dipenuhi dengan ridho Allah. Percaya deh!

4. Ikhlas ... Ikhlas....

-
foto: harukasakaguchi.com Kalau kita sudah ikhlas dengan apa yang menimpa kita, semua akan baik-baik saja. Tenang, semua memang butuh proses. Termasuk ikhlas juga pasti ada tahapan-tahapannya kok. Tapi kita harus memiliki keyakinan bahwa dengan ikhlaslah semuanya akan baik-baik saja. Ingat tips pertama ya. Tenang, ada Allah. Itu dia 4 tips jitu yang bisa kamu aplikasikan saat kamu sedang merasa sendirian atau bersedih. Pastikan sebelum melakukan tiga tips ini kamu sudah meyakini dalam diri bahwa tips ini akan berhasil. Karena salah satu faktor yang bisa mendorong keinginan kamu untuk ingin hidup bahagia adalah diri kamu sendiri. Selamat mencoba! Penulis: Hani Widiani Editor: Intan Resika

Editor: Redaksi

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X