• Kamis, 7 Juli 2022

Coba Deh! Cara Ini Bisa Menarik Banyak Pengunjung Ke Blogmu

- Sabtu, 27 April 2019 | 12:12 WIB
blogku-menginspirasi
blogku-menginspirasi

Hai buat kamu yang hobby nulis pasti gak asing lagi dengan yang namanya blog. Platform yang satu ini sudah buanyak banget yang pake sama pecinta social media. Ngga kurang dari 100 juta pengguna blog lalu lalang di internet dan makin bertambah tiap harinya. Ini yang bikin adanya persaingan yang ketat antar blog. Semuanya saling menunjukkan keunikan blog mereka untuk menarik pengunjung datang. Lalu, bagaimana cara agar bisa bertahan dalam persaingan sekaligus menarik banyak pengunjung blog? Berikut kita rangkum beberapa cara supaya blog mu bisa ramai pengunjung. Check out the reviews guys!
  1. Konsisten Menulis Konten Informatif

Konten informatif itu seperti apa sih? Apa tulisannya harus berkualitas? Bisa jadi. Isi tulisan harus mengandung pengetahuan tingkat tinggi? Gak juga sih, ide tulisan bisa kamu dapatkan dari mana saja. Harus bikin tulisan yang panjang kali lebar kali tinggi alias luas? Gak tuh, justru tulisan singkat, padat, jelas, dan informatif lebih disukai. Sekarang ini banyak orang yang lebih suka baca tulisan yang pendek, jelas, dan tidak membosankan/kaku. Orang-orang menyukai tulisan ringan yang mudah dipahami dengan bahasa tutur. Setelah itu, kamu juga harus berusaha konsisten dalam memposting tulisan kamu di blog. Contoh sehari sekali, dua hari sekali, atau seminggu 3 kali kayak minum obat aja. Hehehe. Hal ini sih bertujuan agar blog kamu tetap update dengan tulisan baru.
  1. Jalin Kedekatan dengan Pengunjung

Buatlah pengunjung nyaman ketika membaca blog kamu. Bisa dari gaya bahasa tulisan kamu yang mengajak pembaca untuk ikut andil didalamnya. Seperti sapaan akrab atau sesekali buatlah tulisan tanya-jawab dengan pembaca blogmu. Selain itu, untuk mempermudah pembaca terhubung dengan kamu, selalu tautkan link media socialmu di blog. Yaitu akun link Facebook, Twitter, Email, atau Google+ kamu, agar pembaca bisa langsung menghubungi jika ingin komunikasi lanjutan. Kolom komentar adalah alat sederhana dan cukup penting untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu loh. Kamu bisa memanfaatkan kolom komentar untuk berinteraksi dengan pengunjung blog kamu ataupun blog orang lain. Bagaimana? First, tanggapi komentar yang tertinggal di blog kamu untuk menunjukkan perhatian buat pembaca blogmu. Dan arahkan mereka ke percakapan dua arah supaya meningkatkan loyalitas pembaca blogmu. Second, tinggalkan komentar di blog lain untuk mendapatkan pembaca baru. Buatlah komentar semenarik mungkin. Kamu bisa komen sekaligus promote your blog, dengan menulis URL blog kamu. Jika komenmu menarik biasanya orang-orang juga akan tertarik untuk mengklik tautan blog kamu tadi
  1. Share Blogmu Ke Search Engine dan Medsos

Gunakan mesin pencari popular seperti Google dan Yahoo. Lalu kirimkan URL blog kamu ke search engine tadi. Caranya? Sebagian besar mesin pencari menyediakan tautan ‘kirim’ (atau sesuatu yang serupa) untuk mengatakan pada mesin pencari blog baru kamu. Selanjutnya mesin pencari akan memindai dan memasukkan halaman blog kamu ke hasil pencarian mereka. Kamu bisa buka akun blog kamu. Lalu klik http://www.google.com/webmasters/tools. Isi password gmail kamu di kolom yang tersedia, selesai. Selamat blog kamu sudah terdaftar ke webmaster tools google dan siap untuk masuk di search engine! Namun, perlu diingat meski sudah didaftarkan di google bukan berarti blog kamu akan muncul di bagian atas layar pencarian google yaa. Itu sih perlu trik lain seperti SEO, tags, dll.
  1. Hubungkan Konten Blogmu dengan RSS Feed

Menambahkan widget RSS ke blog kamu membantu tambahan bacaan bagi pengunjung blog kamu dan kamu sendiri sebagai pemilik blog. Agar kamu tidak kudet dengan informasi terkini. Menghubungkan blogmu dengan RSS Feed situs berita misalnya bisa menambah jumlah pengunjung blog kamu loh. Karena bisa meningkatkan potensi indeks google ke blogmu. Diambil dari blog http://www.romelteamedia.com berikut cara memasang RSS Feed ke blog kamu:
  1. Buka akun blogger kamu, pilih opsi Layout >> Add a Gadget >> pilih “Feed”
  2. Copy Paste link url RSS Feed yang akan kita pasang
  3. Klik “Continue” Ubah judul widgetnya sesuai dengan rss yang dipasang
  4. Save
Selamat kini RSS Feed sudah terpasang di blog kamu. Untuk link RSS Feed situs berita bisa kamu cari di Google yup! Ini beberapa saya ambil dari blog kang romel.
  1. Antara News: http://www.antara.co.id/rss/news.xml
  2. Detik: http://rss.detik.com/index.php/detikcom
  3. Kompas Nasional : http://www.kompas.com/getrss/nasional
  4. Tempo: http://rss.tempointeraktif.com/index.xml

Ingat SEO

Search Engine Optimazation (SEO) agar blog atau website terpindai oleh mesin pencari. Caranya kamu harus mengoptimalkan halaman blog kamu. Sertakan kata kunci dan tautan yang relevan. Namun ingat jangan sampe membuat blog kamu berat yaa. Letakkan kata kunci di beberapa titik dalam tulisan. Saat kamu menulis, gunakan kata kunci sebagai ide kalimat. Buat judul kombinasi atau jadikan judul sebagai satu kata kunci panjang. Atau buat artikel dulu, letakan kata kunci dalam artikel tersebut. Tapi ingat jangan spaming kata kunci yaa, nanti ketauan sama google dan malah ngga terdeteksi.
  1. Aktif di Forum, Web Rings atau Online Groups
Kamu sebagai penulis blog harus gabung di beberapa forum blog. Bisa lewat jejaring social kamu atau gabung di forum diskusi online. Forum itu sangat berguna bagi kamu selain sebagai tempat untuk belajar dan memperdalam ilmu kamu tentang blog, kamu juga bisa ikut mempromosikan tulisan dan halaman blog kamu. Tapi, ingat jangan spam yaa shob. Selain bergabung kamu juga harus aktif bertanya apa pun yang kamu tidak pahami atau sekedar hanya memberikan pendapat kamu lewat kolom komentar. Jangan takut untuk bertanya, gabung dalam percakapan atau sekedar menyapa dan introduce yourself. Jangan duduk santai tanpa jemput bola dan jangan berharap dunia online menemukan kamu. Kamu harus aktif dan biarkan blogsphere tau keberadaanmu dan blog kamu itu ada. Keep Respect and Happy Blogging ! (dita/berbagai sumber).

Editor: Administrator

Tags

Terkini

7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB

5 Tips Tetap Dingin di Cuaca Panas

Sabtu, 14 Mei 2022 | 12:00 WIB
X