Cara Self Healing Yang Benar Ini Bisa Dilakukan Agar Kesehatan Mentalmu Terjaga, Wajib Coba!

- Rabu, 29 Maret 2023 | 20:00 WIB
Ilustrasi cara self healing yang benar bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mental (pexels)
Ilustrasi cara self healing yang benar bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mental (pexels)



ngaderes.com
- Yang tak kalah penting dalam menjalani aktivitas sehari - hari selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga perlu diperhatikan. Biasanya kesehatan mental terganggu jika sudah mengalami stress atau burn out. Maka jika sudah begini yang perlu diperhatikan itu adalah cara self healing untuk menghilangkannya.

Cara self healing ini bisa dilakukan dengan beraneka ragam. Dari frasa katanya sendiri self healing adalah sebuah proses untuk menyembuhkan diri dari kelelahan emosi atau luka batin yang mengganggu emosi. 

Jika Anda seringkali sulit tidur, ini bisa menjadi pertanda sinyal badan sedang dalam kondisi kelelahan emosi atau overthinking. Cara self healing bisa menjadi solusinya. 

Baca Juga: 7 Cara untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

Dalam islam sendiri, dikutip dari buku Mahabbatullah, karya Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyah mengatakan “Muhasabah sebagai terapi kesehatan mental”, demikian pernyataannya. 

Muhasabah salah satu cara agar manusia mengintrospeksi diri atas semua perbuatan yang telah dilakukan termasuk menyelesaikan kelelahan emosinya, disebut juga sebagai perenungan diri.

Muhasabah yang dilakukan ini nantinya ditujukan untuk memperbaiki hubungan kita dengan Sang Pencipta, sesama manusia dan diri sendiri.

Self healing hanya cara atau teknik - teknik terapi guna mendapatkan kesehatan mental. Seseorang yang menginginkan kesehatan mental atau yang ingin kesehatan mentalnya tetap terjaga perlu melakukan self healing.

Baca Juga: Kenapa Seseorang Mengalami Perubahan pada Kesehatan Mental? Ini Penyebabnya

Melalui self healing yang dilakukan seseorang mampu mengembalikan psikis dan menjadikan efek stamina kepada tubuh semakin prima.

Agar self healing ini sukses maka pertama kali yang perlu dilakukan adalah kesadaran untuk memaafkan diri guna mampu kembali melanjutkan perencanaan kesuksesan dan kebahagiaan hidup diri di masa depan.

Cara self healing atau langkah - langkah self healing yang baik, diantaranya:
1. berikan kesadaran sendiri untuk ingin dan bisa pulih
2. siap untuk mengesampingkan ego dan prasangka buruk pada diri sendiri
3. dan berpikiran positif serta memiliki keyakinan jika self healing ini akan berhasil 
4.kemudian sadar jika self healing butuh proses dan tidak menuntut pemulihan instan
5.setiap orang memiliki cara dan waktu pemulihannya masing - masing 

Baca Juga: Keseruan Talkshow tentang Kesehatan Mental yang Jarang Disadari

Saat melakukan self healing ini, hal lain yang dibutuhkan yakni kemampuan untuk self compassion. 

Self Compassion yakni kondisi dimana kita memahami keadaan emosi, yaitu menerima kondisi menangis karena sedih, khawatir, cemas, takut, kesal, marah atau perasaan negatif lainnya.

Saat melakukan proses self healing dengan adanya self compassion, seseorang bisa lebih cepat melakukan pemulihan. Karena ia menyadari dan sudah berada di level penerimaan emosi. Sehingga saat terjadi reaksi emosi yang beragam, ia akan menyadari, menerima, memaklumi hingga pada ahirnya cepat memutuskan untuk segera keluar dari emosi negatif yang  muncul.  Maka penting untuk self healing disertai dengan self compassion. 

Dalam self healing juga dikenal istilah me timeMe Time adalah otak dan tubuh perlu meluangkan waktu untuk menyendiri, lakukan aneka aktivitas positif seperti menonton, tidur, dan ngopi di cafe favorit.

Ada juga self talk adalah berbicara dengan diri sendiri, guna merangsang seluruh saraf kita agar tertanam hal hal positif.

Demikian cara self healing yang baik agar kesehatan kita tetap terjaga. Self healing ini sebuah proses yang dilewati agar kehidupan di masa mendatang seseorang sudah lepas dengan bayang - bayang atau masalah yang ada disebabkan oleh kenangan atau kejadian masa lalu. Selamat mencoba!***


Penulis: Rima Noviyanti 
Editor: Annisa


 

 

Halaman:

Editor: Annisa Sasa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Manfaat Buah Kurma Bagi Ibu Hamil

Senin, 15 Mei 2023 | 12:10 WIB

6 Cara Menghilangkan Komedo Membandel di Hidung

Minggu, 14 Mei 2023 | 10:00 WIB
X