SKD CASN 2021
Foto: Instagram @bkngoidofficial

Edukasi – Pemuda Indonesia sedang ramai mempersiapkan diri untuk mengikuti perhelatan akbar SKD CASN 2021. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sudah dimulai sejak 2 September 2021. Sebagian CASN sudah melewati tahap SKD tersebut, sebagian lagi masih berjuang untuk mempersiapkan diri hingga waktu tes SKD tiba.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) membagi tes SKD menjadi 3 komponen yang terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sebelum mengisi dengan cepat serangkaian soal dalam masing-masing tes, terlebih dahulu kamu harus tahu apa tujuan dan ruanglingkup dari masing-masing tes.

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK

TWK bertujuan untuk menilai para CASN terkait penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara dan bahasa Indonesia. Ambang batas nilai yang harus dicapai oleh peserta CASN di tes yang satu ini adalah sebesar 65.

Tes Intelegensia Umum atau TIU

Tes satu ini, bertujuan untuk menilai penguasaan dan kemampuan mengimplementasikan kemampuan verbal, yang terdiri dari analogi, silogisme, dan analitis. Selain itu, masih di TIU, peserta CASN akan dites kemampuan numerik, diantaranya berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif dan soal cerita.

Masih ada satu jenis tes lagi di kategori TIU, yaitu tes kemampuan figural. Kemampuan figural terdiri dari analogi, ketidaksamaan, dan serial. Dalam TIU Ambang batas nilai yang harus dicapai oleh peserta CASN di tes yang satu ini adalah sebesar 80.

Tes Karakteristik Pribadi atau TKP

TKP menjadi tes yang dianggap banyak peserta CASN sebagai tes yang paling mudah dari kedua tes lainnya. Melalui TKP, peserta akan dinilai bagaimana penguasaan serta pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan terkait dengan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi, profesionalisme dan anti radikalisme. Adapun ambang batas nilai di tes ini adalah 166.

Dari seluruh soal SKD CASN 2021, dilihat dari tingkat kemudahan masing-masing tes, maka tes yang paling mudah adalah TKP, dilanjut dengan TWK dan terakhir TIU. Jadi, kerjakanlah tes dan soal-soal mudah terlebih dahulu dan pastikan kamu membaca seluruh soal walaupun hanya sesaat untuk memperkirakan mana soal yang sulit untuk dikerjakan di akhir sesi.

Selamat berjuang kaula muda! Teruslah berusaha dan berdoa!

Sumber: Instagram @bkngoidofficial
Penulis: Isyfa
Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here