anak muda tangani pandemi
Foto: Dokumentasi pribadi Aufa

ngaderes.com – Peran masyarakat untuk saling membantu memang sangat diperlukan dalam perjuangan melawan Covid-19 agar cepat berakhir. Seperti yang dilakukan oleh Salsabila Aufa Nuraini (20) atau biasa disapa Aufa yang menjadi relawan kegiatan vaksinasi gratis di kampusnya, Poltekkes Kemenkes Bandung.

“Semoga kesadaran masyarakat akan Covid ini bisa lebih baik lagi, dan sama-sama membantu pemerintah untuk survive dari kondisi saat ini,” ungkap Aufa.

Aufa mulai menjadi relawan sejak akhir Januari 2021 di kampusnya, Poltekkes Kemenkes Bandung saat vaksinasi tenaga kesehatan hingga sekarang menjadi relawan di berbagai tempat.

Foto: Dokumentasi pribadi Aufa

“Awalnya menjadi relawan.. kebetulan diminta bantuan sama dosen, ada waktu senggang juga dan kebetulan dekat rumah. Selain itu ingin menambah pengalaman untuk divaksin. Sekarang udah gak ada kesibukkan, udah selesai sidang juga, jadi lebih ingin mengabdi dan membantu untuk yang membutuhkan relawan dan memberi manfaat untuk orang lain,” ungkap Aufa saat diwawancara pada Rabu, (14/07/2021).

Anak Muda Bisa Bantu Tangani Pandemi

Selama menjadi relawan, Aufa menjadi tim tensi untuk yang akan melakukan vaksinasi. Selain itu pernah ditempatkan di bagian screening mengenai penyakit orang yang akan divaksinasi, dan di bagian cek suhu juga penyuntikkan vaksin.

“Rasanya jadi relawan itu seru banget. Kalau bagi aku bisa jadi pengalaman untuk kita saat menjadi relawan, merasa bangga juga karena dengan menjadi relawan program vaksinasi juga ikut membantu dalam penanganan Covid-19 ini,” jelas Aufa.

Selain mendapat pengalaman, Aufa juga mendapat teman dan kenalan baru. Ia juga merasa tak semua orang bisa merasakannya. Merasa bersyukur dan senang bisa memberi sumbangsih dalam penanganan Covid-19 ini.

Foto: Dokumentasi pribadi Aufa

Aufa mengatakan, sebagai seorang anak muda, mejadi relawan program vaksinasi bisa menjadi salah satu bentuk kontribusi dalam menangani pandemi Covid-19, tak harus menjadi tenaga kesehatan. Aufa menambahkan saat menjadi relawan vaksinasi pun, ada beberapa opsi bagian yang bisa ditempati, diantaranya bagian administrasi, bidang IT, ataupun bagian Laison Officer (LO).

“Dengan menjadi relawan vaksin kita memberi sumbangsih untuk penanganan Covid-19,” ungkap Aufa. Namun, Aufa juga mengingatkan jika memang belum bisa menjadi relawan, kita bisa mengedukasi dan menjaga diri sendiri serta keluarga.

Besar harapan Aufa agar tenaga kesehatan dan staff yang terlibat selalu diberikan kesehatan dan mendapatkan amalan serta menjadi ladang pahala, selalu ikhlas dalam merawat pasien dan terus semangat. “Karena pengorbanan dan kerja keras kalian itu sangat amat hebat,” tutup Aufa (20).

Bagi Sobat Cerdas yang ingin berkontribusi memberikan sumbangsihnya melalui Redaksi ngaderes.com, bisa menghubungi Redaksi ngaderes.com melalui WhatsApp 0822-183-181-48.

Jurnalis: Syahida Inayatullah
Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here