sedekah

Ngaderes.com – Dibulan suci Ramadan seperti saat ini,salahsatu amalan yang sangat baik dikerjakan yakni sedekah. Bersedekah di bulan Ramadan adalah sebaik baiknya sedekah.

Pada masa Covid-19 seperti sekarang kita melihat orang bahu membahu saling meringankan satu sama lain. Memberi kepada orang yang sangat membutuhkan uluran tangan.

Warga memang sempat dihebohkan oleh prank sampah. Namun disisi lain, masih banyak berita yang mengabarkan orang – orang saling berlomba memberikan bantuan baik dalam bentuk uang maupun sembako.

Apa yang mendasari seseorang saat ingin memberi adalah timbulnya dari dorongan empati. Kita melihat sekeliling kita kesulitan makan lantas kita membantu. Konsep memberi ini dinamakan sedekah.

The power of giving menjadi rahasia umum para pengusaha sukses. Dalam bukunya, 7 Spiritual Law of Succes, Deepak Chopra mencantumkan memberi sebagai hukum kedua seseorang dalam meraih kesuksesan.

Banyak juga buku yang membahas jika sedekah adalah magnet rizki. Yang paling terlihat yakni rahasia sedekahnya yang sering dikemukakan oleh Ustad Yusuf Mansur. Sebagaimana dilansir dalam webnya, berikut 10 keutamaan sedekah:

Sedekah mampu memberikan manfaat untuk diri baik di dunia maupun akhirat

Penelitian yang dilakukan Professor Michael Norton di Harvard Business School mengatakan bahwa orang yang memberikan uang pada orang lain lebih bahagia dibanding orang yang menghabiskan uangnya untuk konsumsi pribadi.

Pertama, sedekah dapat mengantarkan kita pada kebahagiaan di akhirat
Allah SWT berfirman: “Apa yang di sisimu akan lenyap dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS.an-Nahl:96)

Kedua, dapat menghapus dosa
Dalam Al Quran QS Al Ankabut ayat 7 disebutkan :“Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.”

“Bersedekahlah kalian meskipun hanya sebiji kurma, sebab sedekah mampu memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan dan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Ahmad).

Ketiga, balasan surga bagi yang bersedekah
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda, “Barang siapa yang membangun masjid dengan ikhlas karena Allah, maka Allah akan membangun baginya sebuah rumah di surga.” (HR Ibnu Majah).

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan Rabb-mu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa. (Yaitu) orang-orang yang menginfakkan (hartanya) baik di waktu lapang maupun sempit dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran:133-134).

Sedekah mampu menolak bala dan menambah Rizki

Keempat, sedekah dapat menolak bala
Dalah hal ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bersegeralah untuk bersedekah sebab yang namanya bala’ tidak akan pernah mendahului sedekah.”

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah mengatakan bahwa sedekah itu mampu menolak berbagai bencana meskipun pelakunya orang kafir. Ibrahim al-Nakha’i juga berkata, “Sedekah mampu menangkal berbagai macam bencana walaupun pelakunya orang yang zalim.”

Kelima, dapat menghindarkan diri dari kematian yang buru
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sedekah dapat menolak kematian yang buruk.”

Keenam, sedekah dapat manambah rizki 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, bersabda, “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian.”

Ketujuh, membuat keimanan bertambah
Imam Ja’far Shadiq berkata, “Tidaklah sempurna keimanan seorang hamba sehingga ia melakukan empat hal: Berakhlak baik, bersikap dermawan, menahan karunia dari ucapan, dan mengeluarkan karunia dari hartanya.”

Kedelapan, panjagaan Allah sepanjang hari
Imam Ja’far Shadiq berkata, “Awali pagi harimu dengan sedekah dan gemarlah bersedekah. Tidak ada seorang mukmin pun yang bersedekah karena mengharapkan apa yang ada di sisi Allah untuk menolak keburukan yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu, kecuali Allah menjaganya dari keburukan apa yang akan turun dari langit ke bumi pada hari itu.”

Kesembilan, bisa mengubah takdir
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat kepada Ali bin Abi Thalib,
“Wahai Ali, sedekah itu dapat menolak takdir mubram (yang telah ditetapkan). Wahai Ali, silaturrahmi dapat menambah umur. Wahai Ali, tidak ada kebaikan dalam ucapan kecuali disertai perbuatan, dan tidak ada sedekah kecuali dengan niat (karena Allah).”

Kesepuluh, dapat menyucikan jiwa
Allah berfirman, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Taubah:103).

Dengan begitu, banyak keutamaan yang bisa kita raih dengan sedekah. Jika demikian masih terasa beratkah bersedekah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here