Sumber gambar : pexels.com

Ngaderes.com — Hidupmu terasa hampa dan tak tahu mau dibawa kemana? Meskipun kamu punya pasangan, keluarga yang menyayangimu, dan karir yang stabil, tapi kamu merasa ada yang kosong dan membuatmu tak bahagia. Perasaan seperti ini memang umum dialami oleh manusia, bahkan ketika mereka sudah berada di posisi yang sukses dan mempunyai segalanya. Tapi ternyata hal itu tidak menjamin kebahagiaan.

Lalu kira-kira apa sebabnya?

  1. Tidak punya tujuan hidup

Lagi-lagi soal tujuan hidup. Seberapa penting kita punya tujuan hidup? Menurut Ryan & Deci dalam Self determinaton Theory-nya, pentingnya punya tujuan hidup itu seperti pentingnya makan untuk bisa bertahan hidup. Karena itu, tujuan hidup juga disebut-sebut sebagai kebutuhan psikologis yang harus kita penuhi. Lalu apa itu tujuan hidup? Tujuan hidup adalah hal-hal yang bisa membuat kita terdorong untuk melakukan sesuatu yang bermakna, tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

  1. Hidup di bawah bayang-bayang orang lain

Pernahkah kamu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain? Pasti melelahkan. Ternyata hal itulah yang bisa memicu kamu hidup di bawah bayang-bayang orang lain sampai membuatmu terobsesi untuk bisa seperti atau bahkan melebihi orang tersebut. Padahal ternyata setiap manusia punya cara sukses masing-masing.

  1. Mengerjakan sesuatu dengan terpaksa

Untuk poin ketiga ini, mungkin banyak sekali dialami oleh kita. Keterpaksaan itu hadir ketika kita tidak punya keinginan atau tidak menemukan makna dalam hal yang kita kerjakan. Itu artinya, jika kamu tidak mau terpaksa mengerjakan sesuatu, maka pastikan bahwa apa yang kamu kerjakan adalah hal yang berkaitan dengan passion atau tujuan hidupmu. Bukan karena bayang-bayang orang lain, atau karena sesuatu yang sebenarnya tidak ingin kamu lakukan.

  1. Tidak mengenal diri sendiri

Semakin kamu mengenal diri sendiri, semakin kamu tahu apa yang kamu cari, apa yang kamu takutkan dan ingin hindari, serta apa yang bisa kamu kontrol dalam dirimu. Banyak orang yang menganggap bahwa mengenal diri sendiri itu berarti ketika kamu tahu passion kamu apa. Nyatanya, tidak hanya itu saja. Masih ada bagian lain yang harus kamu kenali dari dirimu agar hidupmu lebih bermakna.

Nah, itu 4 alasan yang harus kita renungi, jika ternyata selama ini hidup kita terasa hampa. Barangkali kita melupakan hal-hal penting yang ternyata berpengaruh besar pada hidup kita. Ingat! Hidup cuma sekali, jangan sampai sia-sia dan kita menyesal setelahnya.

Penulis : Erin Soleha

Editor : dfalv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here