Seputar Makeup
Sumber: pexels.com

Tips — Selain identik dengan dunia fashion, wanita juga tak bisa lepas dari yang namanya merias wajah, diakui atau tidak. Bagi kamu yang menyukai makeup, pasti sering mencari tips atau trik terbaik seputar makeup di internet.

Pernah gak sih kamu mencari tahu sejarah seputar makeup yang sering digunakan. Cerita dibalik warna cat kuku diciptakan atau model eyeliner hitam terkenal yang dapat kita lihat hampir dimana-mana. Itulah yang akan kita bahas kali ini, sedikit sejarah riasan wajah dan juga beberapa fakta menarik seputar makeup yang sayang jika kamu lewatkan.

1. Berasal dari Mesir

Seputar Makeup
Sumber: pexels.com/keira burton

Di Mesir kuno, kosmetik adalah bagian utama dari rutinitas harian pria dan wanita. Selama ini, krim dan minyak menjadi populer digunakan untuk perlindungan terhadap sinar matahari. Untuk lipstik dan perona pipi, oker (pewarna merah alami yang berasal dari tanah liat) ditumbuk dan dicampur dengan air lalu dioleskan ke wajah untuk memberikan kilau merah jambu.

Orang Mesir, terutama Cleopatra bahkan menggunakan kohl (sekarang eyeliner)  yang dioleskan di sepanjang matanya untuk menciptakan salah satu istilah rias yang paling banyak dicari di Google, cat eye atau winged eyeliner.

2. Makeup bukan hanya untuk wanita

Pria dan makeup sebenarnya memiliki sejarah berdiri yang lebih lama satu sama lain daripada yang kamu bayangkan! Misalnya, orang Romawi kuno benar-benar akan mengecat kepala mereka untuk menutupi tanda-tanda kebotakan, sebelum adanya wig. Selama era revolusi Prancis, pria akan membubuhi wajah mereka secara berlebihan untuk menunjukkan statusnya.

3. Polish untuk orang kaya

Di Tiongkok kuno, para penguasa akan mengecat kuku mereka untuk membedakan diri mereka dengan masyarakat umum. Cat kuku dibuat dari berbagai bahan, termasuk lilin lebah, putih telur, dan bedak berwarna. Warna yang berbeda akan melambangkan karakteristik yang berbeda, seperti kekuatan atau kekuasaan.

Meskipun lukisan kuku telah ada selama berabad-abad, paten cat kuku pertama tidak dibuat sampai tahun 1919, warnanya menjadi merah muda pucat. Selama waktu itu, warna yang lebih gelap dari merah muda dianggap sebagai “sesuatu yang tidak sopan”.

Inilah sesuatu yang mungkin tidak kamu ketahui, cat kuku neon sebenarnya ilegal di Amerika Serikat. Sementara banyak merek menggembar-gemborkan warna neon, formula mereka tidak menyertakan pewarna neon yang sebenarnya. Neon pada cat kuku apa pun tidak disetujui oleh lembaga federasi kosmetik AS, yaitu FDA.

4. Old School Maskara

Seputar makeup
Sumber: pexels.com

Sebelum maskara yang kita miliki saat ini ada, wanita di awal abad ke-20 harus menggunakannya sedikit berbeda. Pada dasarnya, mereka akan mencelupkan kuas kecil ke dalam air panas dan menggosok bulu pada campuran sabun dan pigmen. Setelah itu memastikan untuk menggosok maskara ekstra di atas kertas sebelum mengoleskan sisanya ke bulu mata. Agak ‘ekstrem’ ya sobat muda? Tidakkah kamu senang riasan telah berevolusi?

5. Seorang Ratu dan Lipstik

Ketika Ratu Elizabeth sedang mempersiapkan upacara penobatannya di awal 1950-an, dia memutuskan untuk memesan warna lipstik yang akan dibuat agar cocok dengan gaunnya. Rona, yang disebut “The Balmoral Lipstick,” diciptakan oleh Clarins dan merupakan rona berwarna  merah-biru.

6. Masa-masa tanpa makeup

Sebenarnya ada masa di mana riasan dianggap tidak dapat diterima untuk dipakai. Selama abad ke-19, pria dan wanita tidak memakai riasan atau parfum tebal dalam upaya untuk tampil bermoral. Satu-satunya hal yang dianggap dapat diterima adalah aroma bunga yang samar dan krim kulit (tanpa aroma atau warna) Bisa kamu bayangkan?

7. Don’t pump your mascara

Kamu sering memompa tongkat maskara ke dalam tabung untuk mendapatkan lebih banyak maskara di atasnya? Ini salah loh. Memompa tongkat akan membuat maskara kering. Ketika kamu mendorong udara ke dalam tabung, hal ini menyebabkan serpihan saat mengaplikasikan maskara ke bulu mata.

8. Lipstik dari permata

Seputar Makeup
Sumber: pexels.com

Catatan pertama lipstik kuno berasal dari Mesopotamia, yaitu sekitar 5.000 tahun yang lalu. Pada saat itu lipstik dibuat dengan menghancurkan permata sampai seperti debu, yang kemudian diaplikasikan ke bibir dengan cara menekannya.

9. Hukum aneh tentang makeup

Tahukah kamu hingga hari ini di Morrisville, Pennsylvania, seorang wanita harus mendapatkan izin terlebih dahulu sebelum dia memakai riasan? Ya, ini adalah hukum yang nyata, bahkan jika itu tidak ditegakkan. Bagaimana menurutmu?

Penulis: dfalv

Sumber: bethbenderbeauty.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here