menurunkan berat badan
Foto: pixabay.com

Tips — Kebanyakan orang merasa ragu saat ada yang berbicara tentang cara menurunkan berat badan dengan mudah. Bisa dibilang itu adalah salah satu usaha yang sulit untuk dilakukan. Perlu tekad kuat, motivasi, dan kerja keras untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan tidak kendur.

Anggapan itu mungkin benar adanya, tapi ada beberapa cara untuk membantumu menghilangkan beberapa kilogram tanpa efek sakit.

Rahasia keberhasilan program penurunan berat badan yaitu dengan mengubah gaya hidup dari hal terkecil. Seperti kurangi asupan kalori tubuh dan tingkatkan aktivitas fisik. Berikut 7 cara menurunkan berat badan yang bisa kamu ikuti. Check this out!

 

1. Makan lebih banyak buah dan sayuran

menurunkan berat badan
Foto: pexels.com

Buah dan sayuran kaya akan nutrisi, berserat tinggi dan rendah kalori. Jika kamu ingin menghilangkan berat badan dengan mudah, gantilah makanan berkalori tinggi (seperti fast food, soda, makanan bersantan dan minyak) dengan buah dan sayuran.

Namun, jangan membuat kesalahan dengan hanya mengonsumsi buah dan sayur saja, tanpa makanan yang biasanya kamu makan. Ini hanya akan meningkatkan kalori dan membuat tubuh kamu semakin berat.

Makanlah apel atau secangkir jus wortel untuk camilan, bukan kue atau minuman bersoda ya.

 

2. Berhenti minum minuman berkadar tinggi

menurunkan berat badan
Foto: pexels.com

Hindari minuman berkabonasi, jus buah yang mengandung banyak gula dan tentu saja minuman beralkohol. Karena minuman jenis itu justru menambah kalori pada tubuh.

Bahkan latte yang biasanya kamu minum pagi hari ternyata mengandung 200 kalori loh. Jadi sebaiknya kurangi kafein dan jika haus, minum air putih saja sebagai gantinya.

 

3. Buatlah jurnal makanan

Foto: pexels.com

Buatlah buku catatan kecil untuk menuliskan semua jenis makanan yang kamu makan hari itu. Pakai jurnal tersebut untuk membantu kamu mengontrol asupan kalori. Usahakan tulis tiap hari ya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang menulis jurnal atau buku catatan makanan cenderung mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Karena secara tidak langsung mereka akan mengontrol asupan gizi yang masuk dalam tubuhnya.

 

4. Kontrol porsi makan

menurunkan berat badan
Foto: pexels.com

Temukan ukuran porsi yang benar untuk berbagai jenis makanan. Dan hindari makan terlalu banyak dari asupan gizi yang semestinya. Gunakan piring kecil untuk membantu kamu mengontrol porsi makanan.

 

5. Makanlah secara perlahan

Foto: pexels.com

Butuh waktu sampai 20 menit bagi otak untuk mengetahui bahwa tubuh Kamu sudah kenyang. Jika Kamu makan terlalu cepat, perut Kamu merasa sudah kenyang namun Kamu masih tetap ingin makan.

Simpan garpu/sendok Kamu di ujung gigitan lalu kunyahlah makanan dengan benar. Sekali makanan masuk ke mulut, biasanya perlu 18 kali kunyahan, agar Kamu cepat kenyang. Ini merupakan cara mudah membuatmu tidak banyak makan sehingga berat tubuh bisa turun.

 

6. Selalu aktif bergerak

Foto: pexels.com

Usahakan sebelum melakukan aktivitas, berjalanlah tiap 15-30 menit setiap hari untuk membantu membakar kalori dan mengurangi lemak dalam tubuh.

Selain itu, saat kamu menonton televisi bukan berarti kamu tidak bisa membakar lebih banyak kalori loh. Selama jeda iklan, cobalah lakukan sit-up, peregangan, atau mengangkat barbel ukuran ringan.

Saat di tempat kerja, kiranya menggunakan lift, berjalanlah naik atau turun tangga. Hal itu bisa membantumu membakar banyak kalori. Naik-turun tangga juga bisa memperbaiki kesehatan jantung dan pembuluh darah. Alih-alih selalu duduk, lakukanlah tugasmu sambil berdiri atau berjalan.

 

7. Latihan kekuatan (olahraga rutin)

manfaat minum air
Foto: pexels.com/andrea

Strength training (latihan kekuatan) ialah cara mudah menurunkan berat. Otot yang kamu bangun akan memungkinkan tubuhmu membakar lebih banyak kalori dan lemak bahkan ketika kamu sedang beristirahat. Rutinkan olahraga minimal 5 kali/seminggu.

Cara mudah menurunkan berat badan ini bisa kamu mulai saat ini juga. Setelah kamu bergerak aktif dengan baik dan mengatur porsi serta asupan gizimu dengan benar, kamu akan menemukan cara yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba Sobat cerdas. (DF/berbagai sumber)

Penulis: Dita Fitri Alverina

Editor: Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here