strategi online marketing

Ngaderes.com Penjualan barang atau jasa menggunakan online marketing sangat dibutuhkan. Terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Bermodal kuota internet, kita bisa langsung mengorder ragam kebutuhan dari rumah saja.

Hal ini menguntungkan dan menjadi peluang bagi pengusaha merupakan peluang untuk mendongkrak penjualan. Banyak cara mempromosikan barang ataupun jasa diantaranya dengan menggunakan sosial media sosial baik facebook, instagram maupun whatApps. Bisa juga lewat iklan berbayar sampai dengan menggunakan media internet populer seperti webside, marketplace dan iklan produk.

Berikut 5 Strategi Penjualan Laris Menggunakan Online Marketing, yakni:

1. Produk Berfokus Pada Konsumen

Bisnis yang baik dimulai dari produk yang menjadi solusi bagi banyak orang. Jika kita ingin memulai usaha maka langkah awal adalah membuat produk yang berfokus pada konsumen. Dia awal, seorang pengusaha perlu menentukan target konsumen atau pelanggan. Pengusaha memposisikan diri sebagai konsumen. Produk didasarkan pada kebutuhan dan keinginan konsumen.

2.Gunakan Konten Marketing

Konten marketing dibuat bertujuan sebagai media berinteraksi dengan konsumen. Konten ini memiliki manfaat yang besar dalam menjembatani pesan produk yang ingin disampaikan kepada konsumen.

Konten marketing bisa dimulai dengan membuat konsep cerita yang menarik dari produk. Biasanya konten mengarah pada keunggulan atau hal unik lainnya disesuaikan dengan tujuan yang ingin disampaikan.

Kreativitas dalam membuat konten baik dalam bentuk tulisan, gambar maupun video dapat membantu kita dalam memperkenalkan produk yang kita miliki. Semakin menarik konten maka orang semakin tertarik ingin mengenal produk kita, mencari tahu dan ahirnya memutuskan untuk membeli produk kita.

3. Aktif di Sosial Media Marketing Agar Terus Terhubung

Sebuah produk baiknya memiliki akun baik Facebook, Instagram ataupun Twitter. Media sosila salahsatu strategi ampuh memasarkan dan membesarkan produk dan bisnis kita. Gunakan media sosial sebagai ajang mempromosikan produk kepada konsumen.

Konten yang sudah ditentukan bisa disebarkan melalui sosial media atau email. Selain itu ruang forum semisal webinar atau grup sosial media bisa juga dipakai untuk mempromosikan dan memasarkan produk.

4.Gunakan Teknik Affilet Marketing

Mungki sebagaian orang awam belum familiar dengan kata “affiliet”.

Affilet yakni modal bisnis sebuah pemasaran di internet dimana orang menjualkan produk orang lain,jika terjadi penjualan maka orang tersebu takan mendapatkan komisi yang besarnya di tentukan oleh si pemilik produk.

Atau saat ini banyak pengusaha yang menawarkan sistem dropshipper bagi pengusaha pemula sebagai latihan belajar berbisnis. Kita bisa memulai sistem dropshipper lebih dulu sebelum terjun langsung dalam bisnis.

5. Gunakan Email Marketing Untuk Mempromosikan Produk Langsung Kepada Konsumen

Cara lain bisa menggunakan email marketing. Email marketing memang merupakan startegi yang paling personal. Email marketing yang ditujukan langsung kepada konsumen.

Isinya biasanya pesan tentang produk terbaru dan diskon, ataupun pelayanan terbaru dari brand yang kita miliki. Cara ini cukup efektif dalam penjualan. Terlebih lagi jika konsumen yang mendapat email adalah konsumen yang sudah memakai produk kita sebelumnya. Dengan email marketing, konsumen mungkin akan tergerak lewat penawaran yang diajukan.

Penulis : M. Amir Husein
Editor : Sasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here